Lihat ke Halaman Asli

Daurin Nabila

Saya Mahasiswa

Kontribusi KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Kelompok 153 terhadap Kegiatan Rutin Dusun Krajan Desa Pagedangan Turen

Diperbarui: 2 Januari 2024   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kontribusi Mahasiswa KKM UIN Maulana Malik Ibraim Malang terhadap Kegiatan di desa Pagedangan Kec Turen (Sumber :Liputanpribadi)

Kelompok 153 KKM Dusun Krajan Desa Pagedangan Kecamatan Turen aktif terlibat dalam usaha untuk memperkuat jejaring sosial di lingkungan mereka. Dalam konteks ini, kami melakukan kunjungan ke berbagai perangkat desa, tokoh masyarakat, dan warga sekitar. Semangat kebersamaan mendorong kami untuk mengambil inisiatif memperkuat hubungan dengan perangkat desa, melakukan pertukaran informasi penting, dan dengan penuh dedikasi mendengarkan berbagai aspirasi serta kebutuhan masyarakat setempat.

Kelompok 153 tidak hanya terfokus pada pertemuan dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat, melainkan juga berusaha aktif melibatkan warga sekitar. Dengan pendekatan ini, kelompok 153 berharap mampu membangun kepercayaan dan meningkatkan keterlibatan warga dalam beragam kegiatan sosial yang berkontribusi pada perkembangan positif di desa.

Ibu Sutamah, Kepala Sekolah MI Pagedangan, berharap agar teman-teman mahasiswa Kelompok 153 dapat bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan Desa Pagedangan, baik dalam sektor pendidikan maupun ekonomi masyarakat dusun setempat. Beliau menjelaskan bahwa Dusun Krajan memiliki beberapa TPQ dan lembaga lain yang dapat dijadikan sebagai tempat berkontribusi bagi para teman-teman mahasiswa kelompok 153.

Selain itu, ada beberapa kegiatan rutin, di antaranya:

1. Diba'an

Kegiatan ini diadakan setiap hari Kamis malam Jumat ba'da maghrib di masjid oleh jamaah Muslimat. Pada kesempatan ini, teman-teman mahasiswi KKM Kelompok 153 diharapkan untuk hadir dan memperkenalkan diri kepada jamaah Muslimat dusun Krajan. Diba'an juga menjadi kegiatan rutin bagi jamaah Muslim, dilaksanakan pada hari Minggu malam Senin ba'da maghrib di tempat yang sama.

2. Ta'lim

Kegiatan rutinan ini dilaksanakan satu minggu dua kali pada hari selasa dan jumat. Pada kesempatan ini diberikan oleh pengurus Masjid Al-Falah kepada seluruh masyarakat Dusun Krajan. Adanya kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan masyarakat.

3. Tahlilan

Kegiatan rutin ini dilaksanakan oleh jamaah muslim pada hari kamis malam jumat di setiap rumah warga masyarakat Dusun Krajan secara bergiliran. Rutinan ini dilaksanakan untuk kirim doa kepada almarhum/almarhumah yang sudah meninggalkan keluarganya. Dan kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antar warga khususnya masyarakat Dusun Krajan Desa Pagedangan.

4. Yasinan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline