Lihat ke Halaman Asli

Arini MaulidiaLia

Pendidikan Agama Islam

Arti Filsafat Pendidikan dan Menjelaskan Cabang-cabang Filsafat Pendidikan

Diperbarui: 15 Juni 2021   12:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengetahui Arti Filsafat Pendidikan dan Menjelaskan Cabang-cabang Filsafat Pendidikan (unsplash/inaki de olmo)

Assalamualaikum wr.wb

Filsafat Pendidikan berasal dari dua kata yaitu filsafat dan pendidikan. Filsafat secara bahasa yunani berasal dari kata "philos"yang artinya cinta, sedangkan "shophia" artinya bijaksana, maka filsafat berarti kajian mendalam tentang ilmu pengetahuan yang didasarkan atas kecintaan seseorang terhadap ilmu tersebut.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang apa pengertian filsafat pendidikan dan cabang-cabang filsafat pendidikan.

Apa yang dimaksud filsafat pendidikan? Filsafat adalah ilmu yang mempelajari tentang kebeneran yang bersifat realistis dan Pendidikan merupakan proses mengubah sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang dalam mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan-latihan. 

Baca juga : Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Filsafat Pendidikan

Jadi pengertian Filsafat Pendidikan itu sendiri yaitu ilmu yang mempelajari tentang kebenaran yang bersifat realistis sehingga dapat mengubah sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok dalam mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan-latihan yang bersifat mendidik.

Adapun cabang-cabang filsafat pendidikan yaitu Ontologi, Epistimologi, dan aksiologi.

1. Ontologi
Ontologi berasal dari bahasa yunani yang terdiri dua kata yaitu "Ontos" yang berarti berada (being) dan "Logos" berati pikiran (logic). Jadi, ontologi merupakan cabang ilmu yang membahas tentang hakikat yang ada yang memiliki eksistensi. 

Eksistensi tersebut harus memiliki identitas dan harus berdasarkan fakta. Ontologi juga berarti ilmu yang berasal dari penelitian.

2. Epistimologi
Terdiri dari dua kata, yaitu "Episteme" yang berarti pengetahuan dan "Logos" yang berati pikiran. Jadi, Epistimologi adalah ilmu yang membahas tentang suatu kebenaran pengetahuan. 

Baca juga : Pendidikan: Filsafat dan Radikalisme

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline