Lihat ke Halaman Asli

Diet: Waspadai Hilangnya Nutrisi Penting

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Sudah menjadi dambaan wanita untuk memiliki bentuk tubuh yang proposional, cara yang seringkali ditempuh untuk mendapatkan bentuk tubuh idaman adalah dengan melakukan diet.  Pada dasarnya merupakan hal yang positif melakukan diet dengan lebih berhati-hati memperhatikan pola konsumsi pangan, sayangnya banyak orang terutama salah mengartikan diet, kebanyakan dari mereka justru menyiksa diri dengan menghindari nutrisi penting yang terkandung dalam beberapa sumber bahan makanan. Ketika seseorang menjalani diet dan  banyak hal yang harus diwaspadai karena aktivitas diet ini rentan kehilangan beberapa nutrisi penting diantaranya :

  1. vitamin A : banyak terdapat dalam protein hewani, seperti susu, daging, beberapa sayuran yang mengandung beta karoten yang mampu idcerna oleh hati menjadi vit. A seperti wortel dan tomat, setidaknya konsumsi enam kali beta karoten dibutuhkan agar setara dnegan pemenuhan vit. A dalam tubuh. Jika anda ingin tetap bisa memenuhi kebutuhan Vit. A dalam tubuh banyaklah mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang berwarna orange terang dan hijau tua.
  2. Vitamin B12 salah satu manfaat dari Vit. B12 adalah membantu dalam sistem metabolisme dan sangat membantu dalam penurunan berat badan. Pada hewan Vit.B12 banyak ditemukan pada daging, ikan dan susu. Dan untuk para vegetarian bisa mendapatkan manfaat Vit. B12 ini pada konsumsi susu kedelai.
  3. Vitamin D : bermanfaat dalam meningkatkan penyerapan kalsium, mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. banyak terdapat pada protein hewani yang berupa susu, selain itu terdapat pada minyak ikan cod, salmon, tuna, telur, dsb. Bagi anda yang menerapkan sistem vegetarian bisa mengkonsumsi suplemen minyak ikan cod untuk memenuhi kebutuhan Vit. D
  4. Protein : protein berguna untuk menjaga kekebalan tubuh dalam pembentukan imunitas dan juga sebagai sistem kendala yang berupa hormon. Protein nabati banyak terdapat pada polong-polongan, kentang dan tumbuhan berbji. mengutip dari wikipedia  mengkonsumsi Protein yang berasal dari hewan memang lebih cepat meningkatkan berat badan dibanding mengkonsumsi Protein yang berasal dari tumbuhan hal ini sudah diuji coba oleh Biokimiawan USA Thomas Osborne Lafayete Mendel, Profesor untuk biokimia di Yale, tahun 1914.
  5. Zinc : banyak terdapat pada polong-polongan dan kacang-kacangan, namun konsumsi zinc pada bahan makanan seperti tahu perlu diwaspadai karena kandungan asam filtat pada bahan makanan (kacang-kacangan non fermentasi) tersebut bisa menyebabkan vegetarian kekurangan mineral karenasam filtat membuang kandungan seng dan beberapa mineral.

sekalipun mutuskan untuk melakukan diet  pola konsumsi harus tetap diperhatikan, hidup sehat bukan berarti menghindari ataupun menekan pola konsumsi secara gila-gilaan, tapi lebih kepada menyeimbangkan gizi dan nutrisi untuk tubuh dengan mengatur porsi makan yang sesuai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline