Lihat ke Halaman Asli

Teknologi Digital sebagai Penunjang Pembelajaran Abad XXI

Diperbarui: 14 November 2023   13:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penulis:

Arinda Oktariski Setyaningsih & Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum.

Teknologi tak terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan karena keduanya berjalan berdampingan seiring perkembangan zaman. Teknologi digital saat ini sangat diperlukan untuk mempermudah segala aktivitas dan kebutuhan manusia. Keberadaan teknologi tersebut hadir dengan didukung jaringan internet yang mampu merubah berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam ranah pendidikan.

Pemanfaatan teknologi digital pada proses pembelajaran akan berguna untuk menunjang sekaligus memfasilitasi pembelajaran tersebut. Teknologi juga membantu mendapatkan informasi yang cepat sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Dengan kata lain, teknologi digital dapat bermanfaat demi mencapai tujuan pembelajaran yang ideal. Jika seluruh elemen pendidikan dapat bekerja sama dan memaksimalkan potensi yang ada, maka kemajuan teknologi akan membawa pada kemajuan bangsa.

Agar peserta didik mampu mengikuti jejak perkembangan dunia, sudah seharusnya pendidikan abad XXI ini dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. Hal tersebut dikarenakan pada pendidikan abad XXI lebih menitikberatkan pada kompotensi berpikir kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif, literasi digital, dan pemecahan masalah. Selain itu, proses pembelajarannya sekarang berlangsung dengan memfokuskan student centerred, bukan lagi pada teacher centered.

Berdasarkan permasalahan tersebut, tentunya tuntutan guru dan peserta didik semakin kompleks. Guru dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang bervariatif dan inovatif. Peserta didik pun diharapkan mampu berperan aktif dan kreatif untuk mengeksplor ilmu pengetahuannya dari berbagai sumber yang ada. Oleh karena itu, diperlukan adanya kolaborasi antara guru dan peserta didik dengan memanfaatkan teknologi digital yang sudah ada untuk mempersiapkan dan meraih kesuksesan pendidikan di abad XXI ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline