Lihat ke Halaman Asli

Arina Alya

Mahasiswa

Waspadai Hepatitis pada Anak!

Diperbarui: 17 Agustus 2023   12:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://d3uhejzrzvtlac.cloudfront.net/compro/articleMobile/140_35_kenali-hepatitis-akut-yang-menyerang-anak-serta-pencegahannya.png

Hepatitis akut berat mulai menjangkit kalangan anak-anak di Dunia termasuk Indonesia. Hal ini tentunya menjadi kekhawatiran bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama para orang tua di Indonesia.

Hepatitis dan Penyebabnya

Hepatitis merupakan penyakit yang terjadi karena peradangan pada organ hati. Infeksinya disebabkan oleh virus hepatitis (memiliki tipe A, B, C, D, dan E), bakteri, parasite, bahan kimia, penyalahgunaan obat, dan gangguan kekebalan tubuh. Lima virus hepatitis menular dan menyebabkan jenis penyakit yang berbeda pula dan peradangan hati teresebut tentunya merusak fungsi hati baik akut maupun kronis.

Gejala Hepatitis

Penderita hepatitis mengalami gejala hepatitis yang bervariasi mulai yang ringan hingga parah. Gejala ringan seperti linglung, kejang, tremor, sulit menelan, hilang ingatan, sulit fokus, sulit konsentrasi, mudah mengantuk, dan mata bergerak tidak terkendali. Gejala yang melai memasuki fase yang lebih serius seperti muntah, urine berwarna gelap, tinja berwarna terang pucat, hingga jaudince (kuning pada kulit dan mata).

Upaya Perlindungan Anak terhadap Hepatitis

1. Pastikan anak telah menirma imunisasi yang lengkap.

2. Rajin mencuci tangan, karena tangan sering menjadi sarana transportasi kuman penyebab penyakit.

3. Konsumsi makanan yang bersih dan matang. Virus hepatitis tipe A kebanyakan ditularkan lewat mulut saat mengonsumsi makanan yang terkontaminasi virus.

4. Minum air yang bersih dan matang. Virus hepatitis tipe E sering ditemukan pada air yang kotor dan terkontaminasi, jadi pastikan air yang dikonsumsi sudah bersih dan layak minum.

Sumber:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline