Perkembangan internet dianggap sebagai awal dari revolusi industry dibidang sosial media yang memunculkan istilah new media. Dalam beberapa kurun waktu terakhir, internet lebih menarik penduduk dunia untuk tergabung dalam social networking. New media muncul dari inovasi-inovasi media lama yang kurang relevan lagi dengan perkembangan teknologi di era sekarang.
Bila di era lama, seseorang menggunakan satu benda untuk satu fungsi, missal koran untuk dibaca, televisi untuk dilihat, radio untuk didengar, maka di era baru, yakni era new media, dalam satu tempat kita dapat melakukan banyak hal sekalaigus.
Dengan hadirnya internet dan media sosial tentunya dapat memudahkan penggunanya dalam mendapatkan informasi sekaligus hiburan dari penjuru dunia tanpa harus terbatas oleh jarak dan waktu, selain itu penggunaan media sosial dianggap sebagai salah satu wadah yang bisa membantu penemuan identitas diri, melalui media sosial semua dapat memiliki komunitas yang memberikan kesempatan untuk melakukan interaksi secara sosial dengan orang lain, hal ini dilakukan agar mendapatkan umpan balik tentang dirinya. Umpan balik inilah yang dianggap penting untuk dijadikan pedoman dalam membentuk konsep diri tersebut
Media sosial merupakan suatu media, dimana dijadikan sebagai wadah untuk dapat berkomunikasi dengan khalayak, baik yang dikenal maupun tidak dikenal, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan yang sekarang lagi booming dan banyak diminati adalah Tiktok.
Media sosial dimanfaatkan untuk berbagi inspirasi, informasi, serta ekspresi diri. Banyak orang yang mengunggah bentuk ekspresi diri seperti foto maupun video ke dalam media sosial.
Media sosial yang saat ini sedang diminati adalah Tiktok. Aplikasi Tiktok adalah salah satu aplikasi jejaring sosial dan platform music video dari negara Tiongkok yang pertamakali diluncurkan pada bulan September tahun 2016 oleh Zhang Yiming, pendiri aplikasi Toutiao Tiktok adalah aplikasi video kreasi yang dilengkapi berbagai filter music, dan font yang unik. Tiktok biasa dipakai untuk membagikan video kreatif mulai dari bernyanyi, tarian, make up, fashion, tutorial, memasak, dan lain-lain.
Aplikasi ini ditengah pandemi Covid-19 semakin banyak orang menggunakan sebagai salah satu media hiburan, cara mengekspresikan kekesalan, mengeluarkan kreativitas, untuk menghabiskan waktu dirumah sampai menjadi tempat untuk berolahraga dirumah.
Konten yang ada didalam aplikasi Tiktok ini mulai dari musik, video, visual, hingga dance didalam nya. Hal ini membuat para pengguna mengelola kesan untuk mengeksistensikan dirinya, kebih berkreasi dan membuat pengguna lain untuk tertarik mengikutinya.
Tiktok kini menjadi media sosial dengan pertumbuhan pesat menurut jumlah unduhannya, baik di Google Play Store maupun AppSotre. Berdasarkan riset Sensor Tower 2020, jumlah unduhan Tiktok mencapai lebih dari 300 juta pengguna pada kuartal pertama dan kedua 2020.
Media sosial Tiktok berperan pada hadirnya fenomena-fenomena baru yang hadir di masyarakat. salah satu yang menarik berkat hadirnya media online Tiktok adalah fenomena berkembangnya trend fashion hijab baru.
Fashion menjadi hal yang sangat penting khusunya bagi wanita. Karena saat ini, statement fashion menggambarkan diri seseorang. Bukankah setiap hari kita dibombardir oleh citra-citra perempuan ideal yang dikonstruksikan melalui dan oleh media.