Lihat ke Halaman Asli

Ari Monnik

mahasiswa hubungan internasional universitas Jember

Pisah Kenang Mahasiswa KKN Kolaboratif 214 Penuh Makna di SDN Dawuhanmangli 1

Diperbarui: 31 Agustus 2023   22:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi

Sukowono--16 Agustus 2023 mahasiswa KKN kolaboratif melaksanakan pisah kenang dengan segenap siswa dan juga civitas akademika SDN Dawuhanmangli 1. Acara pisah kenang ini merupakan sebuah momentum yang memberikan kesan haru. Pisah kenang yang dilakukan ditandai dengan nonton film bersama antara mahasiswa KKN Kolaboratif 214 dengan siswa SD. Menurut Jamil, salah satu mahasiswa KKN Kolaboratif 214, adanya kegiatan pisah kenang dengan menonton film Laskar Pelangi bersama ini dinilai mampu menumbuhkan semangat belajar kepada siswa sampai ke jenjang perguruan tinggi. Siswa SDN Dawuhanmangli 1 menyabut dan menghadiri kegiatan ini dengan penuh antusias.  

Kegiatan ini berlangsung sejak pagi karena dimulai dengan persiapan untuk penyiapan tempat dan juga peralatan seperti LCD Proyektor dan juga Sound System. Setelah rangkaian persiapan ini dilakukan maka mahasiswa KKN Kolaboratif 214 melebur ke kelas 4, 5, dan 6 untuk mengajak siswa menuju ruangan nonton bersama. Dibuka dengan cuap-cuap yang dilakukan oleh mahasiswa, kegiatan tersebut diawali dengan senyum dan juga canda tawa. Setelah pukul 09.00 WIB maka film ditayangkan. Berlangsung selama 2 jam, anak-anak menonton film tersebut dengan tertib. 

Film Lakskar Pelangi yang ditanyangkan ini mengangkat tentang kisah tentang anak-anak SD untuk mencapai cita-cita mereka. Harapan dari adanya penayangan film tersebut adalah anak-anak kelas 4, 5, dan 6 terus belajar dengan giat untuk dapat mencapai cita-citanya. Apapun rintangan dan hambatan yang akan yang ada dapat dilaluinya. Jangan menyerah sebelum mencapai apa yang diharapkan dan diinginkan.

Setelah film tersebut selesai, dilanjut dengan follow up yang dilakukan oleh mahasiswa KKN kepada siswa. Dengan memberikan pertanyaan kepada siswa SD ini dinilai mampu untuk melatih daya ingat, pemahaman, dan juga meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk berbicara di depan umum. Anak-anak juga memiliki antusiasme yang cukup tinggi dalam menjawab pertanyaan yang telah dilontarkan. 

Puncak acara pisah kenang ini diakhiri dengan ucapan terima kasih dan pesan kesan selama mengajar di SDN Dawuhanmangli 1 dari masing-masing mahasiswa KKN kepada siswa. Suasana berubah menjadi haru saat semua mahasiswa KKN akan berpamitan akan kembali ke tempat asalnya. Diakhir acara tersebut, ditutup dengan kegiatan salam-salaman antara semua siswa dan mahasiswa KKN. Setelah kegiatan salam-salaman, mahasiswa KKN tidak lupa untuk mengabadikan momen tersebut melalui foto bersama dan saling bertukar nomor handphone.

Harapannya, dengan acara pisah kenang yang dikemas seperti ini mampu untuk memberikan sedikit kebahagiaan kepada siswa yang tidak lupa juga dengan unsur akademis di dalamnya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline