Lihat ke Halaman Asli

STIKES Buleleng Semakin Eksis dengan Reviewer Nasional

Diperbarui: 26 Februari 2019   15:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembukaan Kegiatan Penyamaan Persepsi Reviewer PKM 2019 (Dokpri)

STIKES BULELENG -- RISTEKDIKTI mengikuti pertemuan ilmiah dalam rangka penyamaan persepsi Reviewer Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). 

PKM merupakan adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. 

Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi.

Kegiatan ini digelar di Hotel Star Semarang, Jl. MT. Haryono No 972, Lamper Kidul, Kota Semarang, Jawa Tengah pada hari Sabtu-Minggu (19-20 Januari 2019).

Panitia pelaksana kegiatan ini adalah langsung dari Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan RISTEK DIKTI. Pembicara yang hadir merupakan pentolan -- pentolan yang sangat mumpuni di bidang kreativitas kemahasiswaan. 

Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah Didin Wahidin (Direktur Kemahasiswaan), Misbah Fikrianto (Kasubdit Penalaran dan Kreativitas), Sundani Nurono (Institut Teknologi Bandung), Ronny Rachman Noor (Institut Pertanian Bogor), Sukinah (Universitas Negeri Yogyakarta), Bandung Arry Sanjoyo (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Titiana Irawani (Institut Seni Indonesia Yogyakarta), Tendy Yulisca Ramadin (Institut Teknologi Bandung), Sucipto (Universitas Islam Nusantara), M Fathoni (Universitas Maarif Hasyim Latif), Joki Nugroho (Kasi Penalaran), Yudi Harianto (Kasi Kreativitas), Harun Nasrullah (Ditmawa), Sudirman (Ditmawa), Susi Rahmawati (Ditmawa), Topanal (Ditmawa), Dina Fitriani (Ditmawa) dan Dwi Wahyu Kurnaeni (Ditmawa).

Kegiatan ini dilakukan secara penuh selama dua hari. Adapun penyamaan persepsi yang dibahas berkaitan tentang isu-isu terbaru dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2019. 

Selain membahas tentang PKM 5 Bidang, juga dibahas mengenai penyamaan persepsi  PKM Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis. Selain itu, juga dilakukan pembahasan mengenai PKM yang baru muncul pada Pedoman 2018 yaitu PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK)

Stikes Buleleng -- Bali juga diundang dalam kegiatan ini, yang dihadiri oleh Koordinator PKM STIKes Buleleng Bapak Putu Agus Ariana, yang juga sebagai reviewer PKM 2019. Penyamaan Persepsi yang dilakukan bertujuan untuk menyamakan persepsi Reciewer 2019. Diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal PKM secara berkelanjutan.

Ns. Putu Agus Ariana,S.Kep.,MSi (Dokpri)

Selama dua hari, peserta penyamaan persepsi mendapatkan penyegaran materi mengenai PKM serta prinsip dalam penilaian dan evaluasi daring 1 dan evaluasi daring 2 PKM 2019. Materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber mengharapkan melalui program PKM dapat memberikan keterampilan academic knowledge, skill of thinking, management skill dan communication skill bagi mahasiswa.

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline