Lihat ke Halaman Asli

ARIK JUNIARTY

Guru Kelas

Best Practice

Diperbarui: 10 Februari 2024   12:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MENYUSUN CERITA PRAKTIK BAIK 

(BEST PRACTICE) 

MENGGUNAKAN METODE STAR 

(SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK) TERKAIT PENGALAMAN MENGATASI PERMASALAHAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN

Lokasi : Jalan Sungai Keran Kec Sungai Raya Kepukauan

Hal yang melatarbelakangi praktik pembelajaran ini adalah siswa belum mampu untuk berpikir kritis dalam menanggapi pertanyaan dan mengungkapkan jawabannya. Rendahnya cara berpikir kritis siswa berpengaruh kepada rendahnya hasil belajar siswa Hal tersebut tampak dari aktivitas belajar siswa dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Peserta didik nampak kurang aktif di kelas, kurang mampu memberikan tanggapan dengan baik, kurang mampu memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, kurang mampu menganalisis dan mengevaluasi penalaran, serta belum mencapai kriteria ketuntasan minimal.

Sebagai seorang guru, saya menyadari bahwa kurangnya kepercayaan diri peserta didik juga dapat menjadi hambatan dalam pembelajaran. Guru hendaknya mampu mendesain pembelajaran yang menyenangkan dan membangun kepercayaan diri bagi siswa. Seorang guru harus terampil dalam memilih metode, model dan media  dalam pembelajaran yang sesuai bagi peserta didiknya

Dari kondisi diatas masalah yang saya angkat adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas 1

Berdasarkan hasil wawancara kepada siswa dan rekan sejawat, diperoleh beberapa penyebab dari permasalah, yaitu:

Guru belum menerapkan soal yang mengarahkan siswa untuk berpikir kritis (HOTS).

Guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline