Lihat ke Halaman Asli

ari imogiri

warga desa

Masih Banyak yang Belum Puas dengan Jokowi-Ahok

Diperbarui: 24 Juni 2015   06:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

di tengah gegap gempita pemberitaan di media maupun dukungan di social media, jujur saya sempat berfikir bahwa jika dilakukan survey terhadap kepemimpinan duet jokowi – ahok pasti akan menunjukkan tingkat kepuasan yang luar biasa. namun ternyata beberapa waktu yang lalu hasil survey menunjukkan bahwa masyarakat yang tergambar dari hasil survey ternyata mayoritas belum puas dengan kinerja duet jokowi – ahok ini.

akhirnya, bisa jadi memang ada jarak antara dukungan di media dan dunia maya dengan dukungan riil di lapangan. betapapun dukungan di media dan dunia maya ternyata tidak berkorelasi dengan apa yang sesungguhnya terjadi di tengah masyarakat.

survey dari median menunjukkan bahwa hanya dari 13 bidang, hanya 5 bidang saja yang disentuh duet jokowi ahok ini. Delapan bidang utama tidak terjadi perubahan yang lebih baik sebagaimana dijanjikan saat kampanye.

pun jika kita baca akhir-akhir ini, jokowi justru asyik dengan hal-hal yang boleh dikatakan tidak terlalu mendesak bagi perubahan dan kemajuan di jakarta, yaitu soal bangku taman dan topeng monyet.

bagi para pendukung fanatiknya, saya menyadari bahwa jokowi ahok tentu tak ada cacat celanya, namun sebagai masyarakat biasa saya justru melihat pola dukungan yang membabi buta itu justru tidak bagus bagi pola kepemimpinan di alam demokrasi. apalagi jika kemudian pemimpin idolanya tersebut menjadi terpengaruh, dan berfikiran toh apapun yang mereka lalukan maka para pendukungnya akan tetap mendukungnya dan tetap menganggapnya luar biasa.

model jawaban dan ngeles yang dilakukan oleh pemimpin yang punya pendukung fanatik semisal jawaban, kalau tidak suka jangan lagi pilih saya di pemilihan berikutnya, tentu bukan model jawaban yang bijak dan tidak menunjukkan jiwa pemimpin yang bisa ngemong masyarakatnya. sebab mereka dipilih untuk saat ini dan memimpin saat ini, dan mereka tidak diberi cek kosong selama mereka terpilih sebagai pemimpin. maka mustinya model-model jawaban seperti itu tidak keluar dari mulut seorang pemimpin. mereka musti menunjukkan bahwa mereka memang layak terpilih dan akan melakukan apapun untuk membangun dan memajukan kotanya.

semoga adanya hasil survey ini bisa menjadi cambuk bagi duet jokowi ahok untuk meningkatkan kinerjanya di tahun-tahun ke depan. dan bagi para pendukung fanatiknya, hasil survei ini semoga menyadarkan bahwa ternyata masih banyak yang masyarakat yang belum puas dengan jagoan yang mereka dukung.

sumber :

1. http://metro.news.viva.co.id/news/read/452017-survei--setahun-jokowi-ahok--mayoritas-publik-belum-puas

2. http://usumedia.com/ini-harapan-warga-jakarta-ke-jokowi-ahok/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline