Lihat ke Halaman Asli

ARIFULHAK ACEH

Tebar Kebaikan Untuk Ummat

Bahasa Nias; Saohagolo atau Sauhagolo (Terima Kasih)?

Diperbarui: 21 Desember 2023   16:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Pribadi

BAHASA NIAS;

SAOHAGOLO atau SAUHAGOLO ?

By Arifulhak Atjeh

Dalam ilmu bahasa dikenal Fonetik yang membahas bunyi-bunyi yang dihasilkan alat ucap manusia sert bagaimana bunyi itu dihasilkan  terdiri dari  pita suara,lidah, dan bibir  pada saat mengucapkan sesuatu maka membentuk gelombang bunyi yang selanjutnya dimaknai oleh manusia, dan Fonemik yaitu ilmu bahasa yang membahas bunyi-bunyi bahasa yang berfungsi sebagai pembeda makna (Chaer, 2007).

Pembagian vokal atau bunyi vokal biasanya dikelompokkan berdasarkan posisi lidah dan bentuk mulut. Posisi lidah bisa bersifat vertikal dan horizontal. 

Secara vertikal terdiri dari  vokal tinggi, misal, bunyi /i/ dan /u/. Vokal tengah misalnya bunyi /e/ dan // dan vokal rendah misalnya /a/.

Secara horizontal dibedakan dengan adanya vokal depan. Bunyi /e/ dan /i/; vokal pusat misalnya bunyi //; dan vokal belakang misalnya bunyi /u/ dan /o/.

Kemudian menurut bentuk mulut berbeda adanya vokal putaran dan vokal tak putaran. Disebut vokal bundar karena bentuk mulut membundar ketika menyumbangkan vokal itu, misal bunyi vokal /u/ dan /o/.

Disebut vokal tak melingkar karena bentuk mulut tidak membundar, melainkan melebar pada waktu pengucapan vokal misal /e/ dan /i/.

Kemudian menurut bentuk mulut berbeda adanya vokal putaran dan vokal tak putaran. Disebut vokal bundar karena bentuk mulut membundar ketika menyumbangkan vokal itu, misal bunyi vokal /u/ dan /o/. Disebut vokal tak melingkar karena bentuk mulut tidak membundar, melainkan melebar pada waktu pengucapan vokal misal /e/ dan /i/.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline