Lihat ke Halaman Asli

ARIFULHAK ACEH

Tebar Kebaikan Untuk Ummat

Intropeksi Diri (Muhasabah)

Diperbarui: 25 Februari 2023   18:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock


 

MUHASABAH

Intropeksi

Intropeksi diri sangatlah penting sebab dengan intropeksi (memperhatikan, merenung) terhadap amal-amal yang telah kita lakukan maka keimanan kita semakin baik dan meningkat setiap saat.

Muhasabah adalah salah satu cara untuk memperbaiki hati, melatih hati, memperbaiki dan menyucikannya.  Allah Subhanahuwata'ala mengabarkan dalam firmanNya Surat An Nahl:97,

"Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan".


Selanjutnya,
Umar bin Al-Khattab radhiyallahu anhu pernah mengatakan, "Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab, itu akan memudahkan hisab kalian kelak. Timbanglah amal kalian sebelum ditimbang kelak. Ingatlah keadaan yang genting pada hari kiamat,

_"Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Rabbmu), tiada sesuatupun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi Allah)."_ (QS. Al-Haqqah: 18).

Semoga Allah merahmati kita semuanya dan menjadi hamba yang terus mengoreksi diri sebelum  malaikat maut  menunaikan tugasnya.

 

Ref :
(Az-Zuhud li Ibnil Mubarak, hlm. 306. Lihat sAmal Al-Qulub, hlm. 371.)

*_Medan, Selasa, 11 Rajab 1442 H / 23 Pebruari 2021 M_*




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline