Lihat ke Halaman Asli

Arif L Hakim

TERVERIFIKASI

digital media dan manusia

Sejenak Berdiri di Tebing Breksi

Diperbarui: 5 Juli 2015   03:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Tebing Breksi, bekas lokasi penambangan yang dijadikan objek wisata baru di Jogja (dok. pribadi)"][/caption]

Saya masih ingat sebuah tulisan dari Om Dhave Dhanang berjudul Manusia-manusia Batu dari Gunung Kidul. Dalam tulisannya, Kompasianer yang juga dedengkot Koteka (Komunitas Traveler Kompasiana) tersebut mengulas seputar kehidupan orang-orang yang mengelola batu di sekitar Candi Ijo yang terletak di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman.

Atas tulisan Om Dhanang tersebut, beberapa hari yang lalu terlintas dalam pikiran saya untuk kembali mengintip keelokan Candi Ijo. Sekadar untuk melampiaskan kegemaran traveling dan menikmati syahdunya sunset.  

Namun saat dalam perjalanan menuju ke Candi Ijo, seorang teman yang menemani saya tiba-tiba membelokkan kendaraan menuju ke Tebing Breksi. Mau ngapain? Ada apa di Tebing Breksi?

[caption caption="Route menuju Candi Ijo dari Prambanan, Tebing Breksi berada beberapa puluh meter sebelum Candi Ijo (google maps)"]

[/caption]

 

Rupanya langkah teman saya ini langsung terjawab setelah kendaraan kami menghadap Tebing Breksi. Setelah membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000,- dan uang retribusi seikhlasnya, terpajang di depan mata kami tebing yang menjulang, seperti foto-foto yang ada di tulisan Om Dhanang.

Pada bagian bawah tebing, kami melihat beberapa batu ditata menyerupai tempat duduk. Untuk apa ini? Kok mirip amphitheater? Rupanya inilah panggung terbuka yang dinamai ‘Tlatar Seneng’ yang bisa digunakan untuk aktivitas seni dan budaya.

[caption caption="Tanjung Breksi yang menjulang (dok. pribadi)"]

[/caption]

[caption caption="Tlatar Seneng yang dapat digunakan untuk aktivitas seni dan budaya (dok. pribadi)"]

[/caption]

Langkah kami kemudian tertuju pada pekerja yang sedang membelah batu. Pak Kardi (50 tahun), salah seorang yang menjadikan batu-batu ini sebagai sumber penghidupannya kemudian bercerita. Menurut beliau, batu-batu ini dimanfaatkan sebagai bahan utama kerajinan patung. Selain itu, tak jarang pula digunakan sebagai alas atau dinding bangunan sebagai pengganti keramik. Proses yang kami lihat di Tebing Breksi adalah tahapan pertama dalam rangkaian pemanfaatan batu-batu putih ini. Setelah diambil dari tebing, batu akan dibawa ke semacam ‘rumah produksi’ untuk diatur ukurannya sesuai pesanan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline