Arif Imam Budiman
Ilmu Komunikasi
Universitas Ahmad Dahlan
Teknologi merupakan sesuatu yang terus berkembang setiap tahun nya. perkembangan ini bisa kita lihat dari bermumculan nya alat-alat teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih. Misalnya alat seperti komputer yang sakarang semakin maju dengan fitur-fitur yang lebih menarik serta memiliki fungsi kebermanfaatan yang lebih banyak, guna menunjang dan mempermudah pekerjaan manusia di dunia.
Kemajuan teknologi tentu membawa dampak besar dalam berbagai sapek kehidupan karena bisa di lihat di era digitalisasi seperti sekarang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi semakin meningkat. Dengan dukungan jaringan internet yang memadai pasti turut serta menjadi pendorong dalam pemanfaatan penggunaan alat digital hasil dari perkembangan teknologi tersebut.
Selain itu teknologi sendiri membuka peluang kerja baru, dengan kemajuan yang ada suatu pekerjaan akan muncul dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Kebermanfaatan itu akan bisa di dapatkan secara maksimal ketika seseorang dapat menggunakan nya secara bijaksana sesuai aturan dan kebutuhan.
Pada kali ini kita akan membahas tentang manajemen konten. Apa itu menejemen konten? Tentu beberapa dari pembaca sudah pernah mendengan yang satu ini atau bahkan sudah pernah mengulasnya lebih dalam. Mari kita ulas kembali apa itu manajemen konten. Ketika kita ingin terjun dalam dunia kreatif tentu perlu sekali mengetahui serta memahami kaitanya dengan manajemen konten yang ada.
Konten merupakan sebuah hasil penelitian berupa data, fakta, bisa meruapakan hasil opservasi, desain hingga bisa juga berupa sebuah usaha untuk memcahkan masalah. Dan keseluruhan tersebut adalah hasil proses pemikiran manusia, yang kemudian di tuangkan dalam sebuah karya yang memiliki ide, konsep, tujuan, serta kesmipulan. Untuk konten yang bertujuan memecahkan suatu persoalan tentu akan ada solusi atau jalan keluar yang di tawarkan. Selain itu, konten juga bisa diartikan sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang memalui proses pemikiran manusia dengan nilai--nilai yang terkandung dalam setiap konten nya.
Konten memiliki berbagai macam jenis, seperti konten tulisan, gambar, suara, bahkan vidio. Mulai dari konten yang beruba tulisan. Seorang Conten creator akan membuat konsep terlebih dahulu mengenai apa yang ingin di tulis dalam konten nya. Setelah semua bahan siap kemudian ide serta konsep yang sudah ada di tuangkan dalam bentu konten tulisan yang akan di publikasikan bisa memalui media cetak atau media online melalui web.
Selain itu, ada seorang Content Creator yang membuat hasil karya nya berupa vidio. Mendengar kata vidio tentu dalam content nya nanti akan tersaji secara audio visual dan juga sering di sertai tulisan-tulisan. Melihat hal tersebut tentu untuk membuat konten yang berupa vidio akan lebih sulit ketimbang ketika membuat sebuah konten yang berupa tulisan. Persiapan yang di lakukan dari awal mulai menentukan ide, menyiapkan data-data, pra produksi, produksi, hingga paska produksi tentu memerlukan pikiran serta tenaga yang banyak. Namun di samping itu sebuah konten vidio ketika sudah jadi akan terlihat lebih menarik dan tentu menghibur bagi penonton nya.
Sedangkan manajemen merupakan suatu seni yang berkaitan dengan penyusunan suatu perencanaan, pengorganisasian, membangun pergerakan, serta sebagi fungsi pengawasan dan menitoring. Manajemen merupakan satu poin penting yang harus di laksanakan demi mencapai tujuan yang ingin di capai.