Lihat ke Halaman Asli

Arif Firmansyah

freelancer

Definisi Diri Sendiri adalah Musuh yang Sebenarnya

Diperbarui: 24 Februari 2024   00:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source image: pexels.com

Dunia adalah sebuah tempat yang dimana didalamnya terdapat beragam makhluk hidup terutama manusia, yah kita adalah manusia yang dimana sesama manusia saling memandang dan juga saling menilai terhadap sesama, baik atau buruk tergantung pandanganya terhadap apa yang dilihat dan pikiranya.

 Pernah dengar kalimat "musuh terbesar adalah diri sendiri" mungkin sudah tidak asing bagi sebagian orang namun makna yang saya tangkap dalam kalimat ini adalah bahwa pikiran sendirilah yang paling menentukan terhadap sesuatu itu dapat dilihat baik atau buruk.

Dalam setiap pikiran manusia terdapat alur yang bisa dikatakan alur tersebut berarti gabungan antara sifat/pikiran, cara pandang, perilaku dan semua yang berefek kepada diri sendiri baik yang dapat dikontrol maupun tidak.

Kita bayangkan bahwa alur disini diimajinasikan sebagai garis lurus yang melaju kedepan dan tidak memiliki cabang atau belokan apapun, lalu datanglah sebuah sesuatu kita sebut saja masalah, secara dasar garis itu sebenarnya memiliki banyak pemilik seperti didalamnya terdapat sifat(senang, sedih, marah, dsb), lalu terdapat perilaku(kasar, lembut, dsb) dan sebagainya.

Dimana para pemilik  itu akan berbuat seperti seorang pemilik sebenarnya/semena-mena jika seiring waktu terus diberi ijin sebagai penggerak, malas contohnya dimana malas ini adalah sesuatu yang paling umum dibiarkan semena-mena.

Dari ilustrasi garis lurus diatas kita bisa membayangkan jika sifat malas dibiarkan mengendalikan maka garis lurus tersebut akan membentuk garis yang melaju penuh dengan kotoran yang seperti menghambat pergerakan, yakinkan dirimu bahwa malas merupakan sebuah kesalahan yang lebih baik dihindari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline