Lihat ke Halaman Asli

Arif Fauriyuddin

Guru Menulis

Semarak MPLS di SD Negeri 208068

Diperbarui: 16 Juli 2024   13:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Peserta didik SDN 028068 Binjai  bernyanyi bersama guru dan saling berkenalan. (Arif)

Binjai 16 Juli 2024. Pada awal tahun ajaran baru ini di gelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS),  hampir setiap satuan pendidikan atau lembaga pendidikan mulai dari PAUD/TK sampai SMA  melaksanakan kegiatan ini. Semarak MPLS terjadi dimana-mana dengan bermacam kegiatan dan atraksi yang membuat peserta didik baru menjadi senang.

Kesemarakan MPLS juga terjadi di SDN 028068 Binjai mulai hari pertama Senin 15 Juli 2024, mulai peserta didik disambut dan diterima dengan senang hati dan penuh kebahagiaan. Mereka disambut oleh guru di depan gerbang sambil memberikan salam, bersalaman dan saling berkenalan. MPLS dirancang agar siswa betah dan senang.

Pada hari pertama mereka saling berkenalan, dan hari kedua menunjukkan potensi dirinya dengan bernyanyi atau memberikan pendapat. Mereka diajak belajar sambil bermain, seperti bernyanyi sambil berhitung, bermain kereta api, bermain tepuk gembira dan lain-lain.

Wajah ceria para pendidik yang menfasilitasi MPLS menambah semangat peserta didik untuk aktif dalam segala aktifitas yang dilakukannya. Dimasa transisi ini peserta didik diperkenalkan tentang dunia belajar di SD sambil bermain. Masa TK lebih dominan bermain daripada belajar sekarang di SD porsi belajar sudah lebih banyak daripada bermain. Untuk itu guru bisa menyesuaikannya  dan mensikapi perubahan ini dengan baik. 

Tantangan pendidik akan menghadapi peserta didik yang masih terbiasa bermain, dengan  potensi peserta didik yang beragam dan faktor pendukung yang terbatas, oleh karena itu pendidik harus kreatif dan inovatif dalam menghadapi ini semua. (Arif)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline