Lihat ke Halaman Asli

arif danar adi pratama

Penerima Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2017

Yuk, Intip Keseruan Permainan Tradisional yang Sudah Hampir Hilang

Diperbarui: 1 September 2021   11:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Zaman yang semakin berkembang yang mampu membantu berbagai macam pekerjaan sehingga menjadi lebih mudah.  telah memberikan beberapa perubahan dan pengaruh ke berbagai macam hal. 

Salah satunya adalah permainan anak-anak. dengan sudah adanya internet dan gadget anak- anak zaman sekarang lebih banyak bermain game secara online di bandingkan bermainlangsung bersama teman-teman. sehingga permainan-permainan tradisional yang dulu sering dilakukan hampir setiap harinya sekarang sudah jarang lagi untuk di permainkan, dan bahkan mungkin ada beberapa anak-anakzaman sekarang yang mungkin tidak tau permainan tradisional zaman dulu. 

beberapa permainan tradisional yang sering dilakukan yaitu petak umpet, dengan cara bermain menendang bola paling jauh, sehingga bola siapa yang paling dekat dengan garis awal bola ditendang dia akan jaga, dan yang lainnya bersembunyi. lalu bermain egrang,yaitu dimana Permainan egrang ini dilakukan dengan mencoba berjalan menggunakan dua tongkat dengan cara memijakkan kaki pada kedua batang bambu yang telah dibuat. 

Setelah itu mulai melangkahkan kedua kaki sehingga dapat berjalan dengan menggunakan tongkat permainan  ini dapat memberikan latihan keseimbangan. lalu selanjutnya permainan lompat tali  permainan tradisional yang tidak boleh terlupakan. 

permainan ini, menggunakan satu utas tali yang dipasang pada ketinggian tertentu dan harus dilewati oleh setiap pemainnya. dan masih banyak permainan lainnya yang tidak kalah serunya nya, bagi kalian yang lahir pada tahun 1998 dan 1999 pasti mengalami keseruan permainan tradisional zaman dulu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline