Lihat ke Halaman Asli

Teori Belajar Humanisme dan Penerapannya dalam Pembelajaran

Diperbarui: 10 Juni 2024   15:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

A. Teori Belajar humanisme

Teori belajar humanisme menekankan pada pengembangan tubuh dan pikiran untuk meningkatkan pertumbuhan individu secara menyeluruh. Pembelajaran dianggap sebagai upaya menguasai pengetahuan guna membentuk kepribadian. Menurut humanisme, manusia memiliki kendali atas kehidupan dan perilakunya, dengan tujuan belajar untuk membantu individu mencapai potensi maksimal mereka. Pembelajaran berfokus pada peserta didik dengan pendidik sebagai pendorong, mendorong pemikiran induktif, partisipasi aktif, dan pemahaman diri. Keberhasilan pembelajaran humanistik tercermin dalam kenyamanan, semangat, dan perkembangan positif peserta didik dalam berpikir dan perilaku.

B. Tujuan Aliran Humanisme

Berdasarkan pandangan aliran humanisme, tujuan utama pendidikan adalah untuk memaksimalkan potensi individu dan mencapai pemenuhan diri. Aliran ini menyoroti pentingnya pengalaman pribadi, perasaan, dan motivasi internal dalam proses belajar. Beberapa tujuan pendidikan menurut aliran humanisme mencakup:

1. Pengembangan Potensi Individu: Mengajak individu untuk mengembangkan bakat, minat, dan potensi unik mereka.

2. Pemenuhan Diri: Membantu individu mencapai tingkat perkembangan pribadi tertinggi dan kesadaran diri.

3. Pembelajaran yang Bermakna: Menekankan pada pengalaman belajar yang relevan dan bermakna bagi individu.

4. Kemandirian: Mengarahkan siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri, mampu berinisiatif dan bertanggung jawab atas proses belajar mereka sendiri.

5. Pembelajaran Holistik: Menghargai dan mengakui aspek emosional, sosial, dan spiritual dari individu dalam proses belajar.

6. Penghargaan atas Kebebasan dan Pilihan: Memberikan kebebasan kepada siswa untuk membuat pilihan dalam belajar dan menghormati otonomi mereka.

Tujuan pembelajaran humanisme adalah untuk menghargai kemanusiaan. Kesuksesan pembelajaran tercapai pada masa pelajar memiliki kesadaran terhadap lingkungan serta diri mereka sendiri. Teori ini fokus pada gaya belajar individu, dengan pendidik bertugas mengarahkan peserta didik menuju pembelajaran yang efektif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline