Lihat ke Halaman Asli

Arifathul Khoiriyah

Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Pentingnya Bukti Audit terhadap Proses Pemeriksaan

Diperbarui: 1 Januari 2023   15:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Fidela Putri Izzati

Sri Dewi Wahyundaru

S1 Akuntansi FE Unissula

Pengertian dari Bukti Audit

Menurut SAS 31 (AU 326.20), Membahas Tentang Evidential Matter (Bahan Bukti), bahwa "jumlah dan jenis bahan bukti yang diperlukan untuk mendukung pendapat yang diinformasikan merupakan masalah bagi auditor untuk menentukan penggunaan pertimbangan professional setelah melakukan penelitian yang mendalam tentang kondisi pada suatu kasus tertentu."

 Bukti Audit (evidential matter) yang memadai bisa didapatkan melalui pemeriksaan, pengawasan, pengajuan keterangan, dan persetujuan, digunakan sebagai dasar yang cukup untuk memberikan pendapat pada laporan keuangan yang di periksa.

Kecukupan dari Bukti Audit.

Terdapat beberapa Faktor yang mempengaruhi kelengkapan bukti audit,Seperti Materialitas. Pemeriksa diharuskan untuk memberikan pendapat pendahuluan pada tingkat materialitas laporan keuangan. Selanjutnya Risiko Audit. Besarnya tingkat kepastian yang dipercayai Auditor dapat membuat pemeriksa  mendapatkan bukti audit yang cukup banyak. 

Faktor Ekonomi yang maksud ialah pemeriksa seringkali mempertimbangkan keputusan terkait penambahan waktu dan biaya dalam mencari bukti audit yang lebih relevan.yang terakhir Ukuran dan Karakteristik populasi dari bukti audit, Jumlah transaksi dalam laporan keuangan mempengaruhi ukuran populasi sehingga semakin tinggi ukuran populasi makan akan membuat semakin tinggi juga bukti yang dibutuhkan.

Kompetensi dari Bukti Audit 

Kompetensi dari bukti audit yang didasari atas informasi, Laporan akuntansi terhubung pada efektivitas pengendalian internal.karena dapat menimbulkan ketepatan laporan keuangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline