Lihat ke Halaman Asli

Arifah Sri utami

CRIIP🤗

Islam Pluralisme dan Islam budaya

Diperbarui: 17 Desember 2019   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

*Islam dalam pluralisme adalah sesuatu pemahaman agama yang didiskusikan hingga mendapatkan sebuah kerangka dimana adanya interaksi antara individu dan kelompok. Yang mena untuk mewujudkan rasa saling bertoleransi yakni menghormati satu sama lain. 

Bukan hanya menyinggung pada satu agama saja. Tetapi bisa mengkondisikan yakni menghormati dan menghargai pada agama lain. Dari sebuah beberapa pendapat dapat memunculkan sebuah gagasan baru yang mana akan mengetahui bahwa menghormati agama lain sangat lah penting. 

*Islam budaya yakni agama dalam budaya yang mempunyai dalam sejarah dari zaman kuno masih di kenang pada zaman modern ini. Dan mesti bernaung di bawah ajaran agama islam baik pada norma-norma yang hakiki maupun dinamis. Bukan hanya sejarah tapi budaya dalam agama seperti halnya maulid nabi sangat lah dipergunakan pada zaman sekarang untuk mengingat hari lahir Nabi MUHAMMAD SAW. Adanya budaya sikap rasa menghormati pada sesama pasti ada dari sikap tersebut dapat menumbuhkan kerukunan pada masyarakat. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline