Lihat ke Halaman Asli

MORAL ANAK

Diperbarui: 26 Juni 2015   08:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Moral Pada Anak SD


Masa usia sekolah dasar sebagai mesa kanak-kanak akhir yang berlangsung dari usia enam tahun hingga kira-kira usia sebelas tahun atau dua belas tahun. Karakteristik utama siswa sekolah dasar adalah mereka menampilkan perbedaan-perbedaan individual dalam banyak segi dan bidang, di antaranya, perbedaan dalam intelegensi, kemampuan dalam kognitif dan bahasa, perkembangan kepribadian dan perkembangan fisik anak

Dalam perkembangan moralnya kelak anak harus belajar mana yang benar dan mana yang salah. serta ia juga harus mengetahui alasan mengapa sesuatu dianggap benar sementara yang lain tidak.

Konsep moral pada usia sekolah dasar tidak lagi sesempit, seperti pada awal masa kanak-kanak. pada masa kanak-kanak, anak berprilaku moral dalam berbagai situasi yang khusus saja. anak belajar bagaimana bertindak tampa mengetahui mengapa mereka melakukan tindakan tertentu. sedangkan ketika memasuki usia sekolah mereka mulai memperluas pengetahuannya sehingga perilaku tertentu muncul pada situasi apa saja, contohnya tidak berbohong karena takut pada orang tuanya, namun setelah lebih besar mereka melakukan tindakan tidak berbohong bukan hanya takut pada orang tua saja. pada saat ini anak belajar bahwa berbohong adalah tindakan yang tidak dapat diterima oleh kelompok sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline