Lihat ke Halaman Asli

Putu AriestuRashidiyanti

Guru TK Kalam Kudus Bali

Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini

Diperbarui: 13 Desember 2022   06:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis merupakan salah satu dari kesembilan kecerdasan majemuk yang diungkapkan oleh Gardner. 

Menurut Sujiono (2009:193), "kecerdasan naturalis yaitu keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies (flora dan fauna) di lingkungan sekitar, mengenali eksistensi suatu spesies, memetakan hubungan antara beberapa spesies."

 Widayati (dalam Suyadi, 2010:178) menyatakan bahwa, "kecerdasan naturalis merupakan kemampuan untuk mengenali berbagai jenis flora (tanaman), fauna (hewan), dan fenomena alam lainnya, seperti asal usul binatang, pertumbuhan tanaman, terjadinya tata surya, berbagai galaksi, dan lain sebagainya."

Musfiroh (2014:8.3) menyatakan bahwa, "kecerdasan naturalis adalah keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies, baik flora maupun fauna, di lingkungan sekitar dan kemampuan mengolah dan memanfaatkan alam, serta melestarikannya."

Sementara itu Amstrong dalam buku Multiple Intelligence in the Classroom (2009:227) mengungkapkan, Naturalist: Expertise in the recognition and classification of the numerous speciesthe flora and fauna-of an individual's environment. This alsoincludes sensitivity to other natural phenomena (e.g., cloud formations, mountains, etc.) and, in the case of thosegrowing up in an urban environment, the capacity to discriminate among inanimate objects such as cars, sneakers, and CD covers. Jadi, Amstrong berpendapat bahwa kecerdasan naturalis adalah keahlian dalam mengenali dan mengklasifikasikan berbagai spesies flora dan fauna, dar sebuah lingkungan individu. Hal ini juga mencakup kepekaan terhadap fenomena alam lainnya (misalnya, formasi-formasi awan, gunung, dll) dan dalam kasus yang tumbuh di lingkungan perkotaan, kemampuan untuk membedakan benda-benda mati seperti mobil, sepatu, dan sampul CD (Amstrong, 2013:7).

Ciri-ciri Kecerdasan Naturalis pada Anak

Suyadi (2010:181), "ciri-ciri anak usia 4-6 tahun yang memiliki kecerdaan naturalis adalah 1) suka bermain cocok tanam, 2) senang memelihara hewan peliharaan, 3) mampu memberi makan hewan peliharaan secara sederhana, 4) mampu menyiram tanaman secukupnya, 5) mampu berkreasi memperindah taman."

Amstrong (2013:40) menyatakan,

ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan naturalis adalah (1) berbicara banyak tentang hewan peliharaan favorit, (2) menyukai kunjungan lapangan di alam, kebun binatang, museum sejarah alam, (3) menunjukkan kepekaan terhadap formasi alam, (4) suka menyiram dan merawat tanaman di dalam kelas, (5) suka berkeliaran di kandang tikus gerbil, akuarium, atau terrarium, (6) bersemangat ketika mempelajari tentang ekologi, alam, tumbuhan, dan hewan, (7) menyuarakan/berbicara tentang hak-hak binatang atau pelestarian planet bumi di dalam kelas, (8) suka melakukan proyek-proyek alam, (9) membawa serangga, bunga, daun, atau hal-hal alam lainnya ke sekolah, (10) mengerjakan dengan baik tugas/topik di sekolah yang melibatkan sistem kehidupan.

Pendapat Amstrong tentang ciri-ciri kecerdasan naturalis pada anak di atas dapat disimpulkan bahwa anak yang memiliki kecerdasan naturalis, ciri-cirinya adalah suka membicarakan hewan peliharaan, suka berkunjung ke tempat yang berkaitan dengan alam, memiliki kepekaan terhadap formasi alam, suka memelihara tanaman, bersemangat ketika mempelajari tentang ekologi, alam, tumbuhan, dan hewan, menyuarakan tentang hak-hak binatang atau pelestarian planet bumi, suka melakukan proyek-proyek alam, melakukan tugas yang berkaitan dengan sistem kehidupan secara baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline