Lihat ke Halaman Asli

Alexander Arie

TERVERIFIKASI

Lulusan Apoteker dan Ilmu Administrasi

1001 Fakta Unik Macao, Lihat Nomor 10!

Diperbarui: 26 Desember 2017   01:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: openworld.org

Macao kita kenal sebagai daerah administrasi khusus Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Tempat ini merupakan salah satu kota dengan perkembangan tercepat di Asia, sekaligus merupakan tujuan wisata nan sempurna baik bagi pejalan tunggal, bulan madu dengan pasangan, maupun dengan keluarga kecil maupun besar. Supaya makin sempurna, berikut saya rangkumkan keunikan Macao dalam 1001 nomor. Banyak? Dibandingkan uniknya Macao tentu tidak. Jangan lupa, nomor 10 bikin melongo.

1. Terdiri Dari Tiga Bagian Besar

Kota yang terletak di selatan Provinsi Guangdong, Tiongkok, ini terdiri dari tiga bagian besar yakni Macao Peninsula, Taipa, dan Kepulauan Coloane. Macao Peninsula adalah pusat wilayah dan dihubungkan dengan Pulau Taipa oleh tiga jembatan. Adapun beberapa resor besar berdiri di tanah reklamasi antara Taipa dan Coloane. Distrik baru ini disebut Cotai.

2. Perpaduan Budaya Barat dan Timur

Kota Macao berbatasan langsung dengan Hongkong dan merupakan daerah jajahan Portugal. Perpaduan lokasi dan penjajah menjadikan Macao memiliki perpaduan budaya barat dan timur nan kental hingga lantas dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia dari United Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

3. Macao Giant Panda Pavillion

Berbentuk kipas, punya luas 3 ribu meter persegi. tempat ini terletak di Seac Pai van Park, Colane. Seperlima dari luasnya digunakan sebagai rumah bagi panda raksasa. Namanya juga bagian dari Tiongkok. Wong Taman Safari saja kebagian panda, masakan Macao tidak? Menurut macaupanda.org, Luo Luo dan Tong Tong adalah nama panda penghuni paviliun yang besarnya sudah pasti mengalakan kos-kosan ini.

4. Rute Bus Beragam

Berbeda dengan Singapura atau Hongkong yang mengandalkan Mass Rapid Transit (MRT), Macao justru mengandalkan bus. Untuk menggunakannya juga mudah, tinggal minta peta di tourism office untuk melihat jalur dan kemudian menunggu bus di halte yang telah disediakan. Untuk rute jangan khawatir, karena baik di Macao Peninsula, Taipa, maupun Coloane ada jalur masing-masingnya. Seperti di Macao ada Zona de Nordeste de Macau yang menghubungkan Portas Do Cerco alias Terminal hingga ke The Residencia Macau. 

macaotourism.gov.mo

Total jenderal ada 91 rute yang beredar, mulai dari rute 1, 1A, 2, 2A, 3, 3A, 3AX, 3X, hingga 50, 50X, 51, 51A, AP1, AP1X, sampai kepada N2, N3, N4, N5, dan N6. Uniknya, informasi rute disajikan dalam bahasa Tiongkok dan Portugis serta dipasang pada setiap halte bus secara rinci meliputi tujuan, jadwal dan pemberhentian. Tarif untuk perjalanan ini berkisar dari MOP3.20 hingga MOP6.40 tentunya tergantung jarak tempuh. Lebih unik lagi, beberapa bus melintasi jalan-jalan dan gang-gang sempit, sesuatu yang kadang-kadang ingin membuat diri ingin membandingkannya dengan Jakarta.

5. Macao Science Center

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline