Lihat ke Halaman Asli

Ariel Nian Gani

Seorang dosen

Dosen Universitas YARSI Melakukan Pendampingan Pengembangan E-Commerce Mandiri UKM Tanjung Priok

Diperbarui: 2 Maret 2023   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Universitas Yarsi Jakarta melaksanakan pendampingan peningkatan penjualan usaha kecil menengah (UKM) di kelompok usaha warung sejahtera di Tanjung Priok melalui pembuatan website e-commerece mandiri.

Kegiatan dilaksanakan Kamis (17/11/2022) lalu itu dalam rangka Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) diketuai Ariel Nian Gani, M.Phil., M.Sc.

Pihak menjadi mitra PkM disini, pelaku UKM dari ketua kelompok usaha warung sejahtera, Ibu Rosemlani.

Menurut Bu Lani, saat ini dunia usaha sudah harus bergerak kearah digital. UKM juga sudah harus memiliki wadah penjualan mandiri seperti e-commerce mandiri. Hal ini dapat membantu peningkatan penjualan dari sebuah UKM.

"Anggota UKM kelompok usaha ini belum ada yang mempunyai website usaha sendiri jadi masih perlu banyak belajar," ujar Lani.

Lebih lanjut Bu Lani mengatakan, adanya pandemi Covid-19 sangat berdampak buruk bagi tingkat penjualan para pelaku usaha. Pandemi Covid-19 juga menimbulkan tantangan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) seperti mencari calon pelanggan saat ini lebih banyak di rumah dan melakukan pemesanan secara daring.

"Kami berterima kasih sebesar-besarnya kepada tim PkM Universitas Yarsi atas bantuan pendampingan dalam rangka peningkatan penjualan UKM. Semoga Universitas Yarsi tetap bisa bekerjasama mendampingi para pelaku UKM sampai penjualan meningkat," harap Lani.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline