Lihat ke Halaman Asli

Ariel Ariel

Mahasiswa

Pengertian Kualitas Pendidikan Beserta Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Diperbarui: 13 Juli 2023   13:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A. Pengertian kuallitas pendidikan

Dalam dunia pendidikan pastinya kita sering mendengar tentang kualitas pendidikan, nah sebenarnya apa sih kualitas pendidikan itu. Menurut Ace Suryadi dan H.A.R Tilaar kualita pendidikan merupakan kemampuan lembaga pendidikan dalam mendayagunakan sumber-sumber pendidikan untuk meningkatkan kemampuan belajar seoptimal mungkin dan menurut Permendiknas nomor 63 tahun 2009 Kualitas Pendidikan adalah tingkat kecerdasan kehidupan bangsa yang dapat diraih dari penerapan Sistem Pendidikan Nasional.

Dalam konteks pendidikan, pengertian kualitas atau mutu dalam hal ini mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan. Dalam konteks proses pendidikan dapat memberikan hasil yang baik apa bila dijalankan dengan prosedur yang benar. Selain itu kualitas pendidikan merupakan kemampuan sistem pendidikan dasar, baik dari segi pengelolaan maupun dari segi proses pendidikan.

B. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan

Setelah kita membahas maksud dari pengertian kualitas pendidikan, sekarang kita akan membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Apa saja yang merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan, berikut diantarany:
*Faktor rumah
Rumah merupakan sekolah pertama bagi semua orang, karena pertama kalinya kita belajar adalah saat dirumah. Biasanya apa yang ditanamkan di rumah akan dibawa anak sampai kapanpun dan diyakini sebagai sebuah kebenaran.
*Faktor sekolah
Sekolah juga menjadi salah satu bagian dari faktor yang mempengaruhi pendidikan karena disitulah siswa akan menuntut ilmu dan belajar hal-hal lainnya. Di sekolah juga anak-anak akan mulai berinteraksi dengan orang-orang diluar keluarganya yang berasal dari latar belakang berbeda, pola asuh berbeda, nilai-nilai yang tidak sama dan sebagainya.
*Faktor lingkungan
Faktor yang ketiga adalah lingkungan di mana anak atau siswa tinggal. Pendidikan baik yang diberikan dalam keluarga maupun sekolah bisa saja sia-sia jika anak berada dalam lingkungan yang tidak bagus misalnya di tengah pergaulan dengan anak-anak yang suka tawuran.

Daftar pustaka

https://id.wikipedia.org/wiki/Mutu_pendidikan

https://pandidikan.blogspot.com/2011/05/kualitas-pendidikan.html

https://www.smadwiwarna.sch.id/faktor-yang-mempengaruhi-pendidikan-di-indonesia/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline