Lihat ke Halaman Asli

Ariel julianuspical

Halo aku ariel

Pemberdayaan dan Pendampingan Pengrajin Tempe di Dusun Clangap

Diperbarui: 16 Juni 2023   08:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Dusun Clangap merupakan dusun yang terletak di Desa Mlirip kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto. Pada Dusun Clangap ini terdapat lebih dari 10 pengerajin tempe. Salah satu pengerajin tempe pada dusun clangap adalah bapak Endik selaku mitra dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen Teknik Industri Universitas Katolik Darma Cendika. Bapak Endik menekuni usaha tempe ini lebih dari 15 Tahun, kini bapak Endik telah memiliki sebanyak 4 karyawan untuk membantu dalam proses produksi tempe. Untuk jumlah produksi nya sendiri Pak Endik mampu memproduksi sebanyak 35 kilogram hingga 500 kilogram kedelai perharinya.

Tim pengabdian masyarakat universitas Katolik darma cendika melakukan pendampingan terhadap bapak Endik sebagai salah satu pengerajin tempe yang berada didusun clangap. Salah satu bentuk pendampingan tim pengabdian masyarakat terhadap mitra adalah dengan melalui berbagai pelatihan, diantaranya adalah pelatihan pengoptimalan produksi, pelatihan strategi pemasaran, pelatihan flow shop dalam industri tempe, pelatihan penerapan sanitasi dan hygine pangan, dan SOP pembuatan tempe. Selain melalui pelatihan, tim pengabdian masyarakat juga memberi bantuan berupa meja peragian yang dirancang oleh tim pengabdian masyarakat agar karyawan dapat bekerja dengan nyaman.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung pada 21 November 2022 hingga 21 Desember 2022. Mahasiswa yang terlibat Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Ariel Julianus Pical dan juga Yoel Fortunatus yang dipandu oleh Ibu Lusi Mei Cahya W, S.T., M.T dan juga Bapak Johan Patrick, S.T., M.T selaku dosen pembimbing. Tim pengabdian masyarakat melakukan sebanyak 7 kali pertemuan dengan mitra untuk melakukan pendampingan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline