Lihat ke Halaman Asli

ARI EKAPRASETIYANTO

Mahasiswa S3 Teknologi Pendidikan Unesa

Kurikulum Pendidikan Vokasi yang Adaptif dan Berkelanjutan: Menjawab Tantangan Kesiapan Kerja di Era Industri 4.0

Diperbarui: 23 Desember 2024   08:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan vokasi memainkan peran strategis dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan siap menghadapi dunia kerja. Di tengah perkembangan pesat teknologi dan tuntutan era Industri 4.0, pendidikan vokasi dituntut untuk lebih adaptif dan berkelanjutan. Transformasi kurikulum menjadi kebutuhan mendesak untuk memastikan lulusan memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri serta mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi dan sosial.

Era Industri 4.0 ditandai oleh otomatisasi, Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), dan big data yang mengubah lanskap dunia kerja. Menurut laporan World Economic Forum (2023), sekitar 50% pekerjaan saat ini akan mengalami perubahan signifikan dalam dekade mendatang. Oleh karena itu, kurikulum pendidikan vokasi perlu mengintegrasikan inovasi, keberlanjutan, dan pendekatan berbasis kebutuhan industri untuk menghasilkan lulusan yang siap bersaing.

Kurikulum adaptif adalah kurikulum yang dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi. Model ini memprioritaskan pembelajaran berbasis kompetensi (competency-based learning) yang berfokus pada penguasaan keterampilan spesifik dan kemampuan berpikir kritis. Sebagai contoh, pendekatan microcredentials yang kini banyak diadopsi oleh institusi pendidikan vokasi memungkinkan siswa memperoleh sertifikasi kompetensi dalam bidang tertentu secara modular dan fleksibel (UNESCO, 2022).

Selain itu, pengembangan kurikulum adaptif juga melibatkan kolaborasi aktif antara lembaga pendidikan dan dunia usaha/dunia industri (DUDI). Di Indonesia, program link and match yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menjadi langkah penting untuk memastikan sinkronisasi antara kebutuhan industri dengan kurikulum pendidikan vokasi. Kolaborasi ini memungkinkan pembelajaran berbasis proyek nyata (project-based learning) yang tidak hanya meningkatkan kompetensi teknis siswa, tetapi juga keterampilan soft skills seperti komunikasi, manajemen waktu, dan kerja tim.

Keberlanjutan menjadi elemen kunci dalam pengembangan kurikulum vokasi yang modern. Kurikulum berkelanjutan mengedepankan prinsip belajar sepanjang hayat (lifelong learning), sehingga lulusan mampu terus beradaptasi terhadap perubahan pasar kerja sepanjang karier mereka. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah integrasi pendidikan hijau (green education) dalam kurikulum vokasi, yang mengajarkan siswa untuk bekerja dengan prinsip keberlanjutan dan ramah lingkungan.

Menurut laporan ILO (2021), sektor ekonomi hijau diperkirakan akan menciptakan 24 juta pekerjaan baru secara global pada 2030. Hal ini menekankan pentingnya kurikulum yang tidak hanya berfokus pada keterampilan teknis, tetapi juga membangun kesadaran siswa terhadap isu lingkungan dan keberlanjutan. Pendidikan berbasis keberlanjutan ini juga relevan dengan agenda Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya poin ke-4 (pendidikan berkualitas) dan poin ke-8 (pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline