Lihat ke Halaman Asli

Ayah yang Menumbuhkan

Diperbarui: 5 Desember 2018   13:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                       sumber : https://id.pinterest.com/pin/60798663695257263/?lp=true

Aktivitas nonton film kartun bareng bocah-bocah jadi kebiasaan yang sering kami lakukan. Tak punya TV membuat nobar itu lebih bermakna. Gak rebutan remote untuk mindah channel dan terganggu iklan.

Sengaja kupilih film kartun yang alurnya cepat dan disertai ornamen musik yang kuat. Jika tidak, anak-anak cepet bosen. Narik tombol seek bar bolak balik nyari bagian yang dianggap seru.

Film yang dipilih pun diusahakan selektif. Bukan sekedar yang membuat anak-anak senang saja. Tapi, sebisa mungkin ada nilai yang ikut diserap melalui diskusi untuk menangkap makna.

Saya bukan seorang mania film yang selalu mengikuti rilis film apa saja yang terbaru. Sehingga tak tahu ada sebuah film bagus produksi tahun 2005. ROBOTS. Film balutan Chris Wedge dan Bill Joyce, sebagai penulis ceritanya ini diproduksi oleh Blue Sky Studio Amerika. Rilis 11 Maret 2005. Saya hampir tak percaya jika film Robots ini buatan tahun 2005. Dengan kualitas animasi yang bagus dan instrumen musik yang kekinian seperti baru saja rilis.

Robots, menceritakan seorang eh serobot bernama Rodney. Ia memiliki ayah yang penuh semangat dan gairah. Dan juga robot pun pula istrinya. Unik sekali bagaimana logika penonton dibawa untuk memahami proses robot mempunyai anak.

 Untuk memiliki anak, keluarga robot mendapatkan kiriman paket perangkat robot bayi. Orang tuanya bertugas menyusun hingga si robot bayi benar-benar aktif. Untuk tumbuhnya, si orang tua akan mendapat kiriman suku cadang robot yang disesuaikan dengan postur tubuh usia anak.

Kebetulan keluarga Rodney termasuk menengah ke bawah. Sehingga ia hanya mampu mendapatkan suku cadang robot bekas untuk menyusun tubuhnya. Suatu hari, Rodney diajak ayahnya melihat karnaval. 

Dari rombongan itu muncul sebuah balon raksasa yang berbentuk sesosok Robot. Rodney bertanya ke ayahnya, "Siapakah itu Ayah?" Dia adalah Bigweld, pemilik perusahaan yang membuka peluang membeli temuan siapapun untuk dikembangkan. Rodney mulai tertarik pada sosok Bigweld. Rodney pun diajak ayahnya nonton acara Bigweld di saluran TV. Ada 2 kata-kata Bigweld yang merasuk hingga ke hati Rodney. 

Pertama, "You will be shine, whatever you are made". Kamu akan bersinar dari apapun kau tercipta. Kedua, "Find the need, Fill the need". Temukan kebutuhan, cukupilah kebutuhan itu. Rodney terhipnotis dengan 2 kalimat itu ditambah komentar sang Ayah, "Kamu pasti bisa nak!"

Ayahnya bekerja di restoran besar. Tugasnya sebagai robot pencuci piring. Rodney bangga pada apa yang dilakukan ayahnya. Sewaktu melihat proses ayahnya bekerja. Ia teringat pesan Bigweld "Find the need, Fill the need". 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline