Lihat ke Halaman Asli

Arief Rachman Hakim

Mahasiswa Menejemen Tingkat Akhir di Universitas Teknologi Digital

Analisis Data dengan Kecerdasan Bisnis (Data Analyst with Business Intelligence)

Diperbarui: 21 April 2024   15:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada masa kini, data menjadi sebuah instrumen penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Karena dengan data, sebuah perusahaan akan lebih mudah dalam mengenali pola dan trend bisnisnya sehingga dapat membantu perusahaan dalam mengambil tindakan ataupun keputusan yang tepat.

Namun perlu disadari, bahwa terkadang data yang ada tersebut masih berupa raw data (data mentah) yang memerlukan pengolahan terlebih dahulu agar dapat digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan. Maka disini penting peran seorang data analyst dalam untuk melakukan pengolahan data agar data tersebut dapat di ekstrak menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis.

Pengertian Data Analyst

Lalu, apa itu data analyst? Data analyst atau  Analis data merupakan seorang teknisi profesional di bidang data yang mampu mengelola dan menganalisis sebuah data menjadi sebuah informasi. Dengan adanya data analyst, hal ini akan membantu para manajemen perusahaan dalam melihat performa bisnisnya. Umumnya data yang akan ditampilkan oleh data analyst berupa visualisasi data seperti chart dan pola garis. Hal tersebut digunakan untuk memudahkan  seorang data analyst untuk bercerita kepada para manajemen.

Seorang data analyst dituntut untuk memahami siklus bisnis sebuah perusahaan, penggunaan tools, berfikir analis dan kemampuan dalam berkomunikasi. Karena jika salah satunya tidak ada, makan akan sulit dalam menggali sebuah informasi yang dapat berguna bagi perusahaan.

Pengertian Business Intelligence

Business Intelligence merupakan proses pemanfaatan berbagai informasi yang digunakan untuk mendukung perusahaan dalam pengambilan  sebuah keputusan. Agar keputusan yang didapat tepat tepat, business intelligence melibatkan berbagai hal seperti mengumpulkan berbagai sumber informasi baik internal maupun eksternal, pengumpulan data, visualisasi, laporan dan dasbor atau informasi lain yang menjelaskan fenomena yang terjadi.

Manfaat Business Intelligence

Dengan menerapkan business intelligence, hal ini akan memberikan beragam keuntungan yang signifikan terhadap kemajuan sebuah bisnis. Dengan menerapkan business intelligence memungkinkan sebuah organisasi untuk dapat mengoptimalkan pengambilan keputusan dengan efektif dan efisien. 

Menurut  Zein Muinawar (2021) menilai efektifitas dari penggunaan business intelligence dalam pengambilan keputusan. Hasil yang diperoleh menjelaskan bahwa business intelligence memberikan kontribusi yang baik bagi akademisi atau industri dalam pengambilan keputusan. 

Big Data

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline