Lihat ke Halaman Asli

Rpp Matematika Kelas 7 Ktsp Bilangan Bulat , UAD

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sumber  :  http://ariefhidayathlc.wordpress.com/2014/04/21/rencana-pembelajaran-matematika-rpp-kelas-7-ktsp-bilangan-bulat/

Untuk memenuhi tugas yang di berikan oleh dra sumargiyani mpd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah               :     SMP N 1 HLC

Mata Pelajaran             :     Matematika

Kelas/Semester            :     VII / I

Pertemuan Ke-             :     1

Alokasi Waktu               :     1 x 40 menit

Standar Kompetensi   :     Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan penggunaannya dalam pemecahan masalah .

Kompetensi Dasar       :     Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.

Indikator                          :     Menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulatuntuk menyelesaikan masalah.

I.Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah.

II.Materi Ajar

Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan.

III.Metode Pembelajaran

Tanya jawab, tugas individu

IV.Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1 (1 x 40 menit)

1.Kegiatan Awal (5 menit)

Doa

Presensi

Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.Kegiatan Inti (28 menit)

Guru menjelaskan tentang sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat untuk menyelesaikan masalahdan memberikan contohnya.

3.Kegiatan Akhir (7 menit)

Peserta didik mengerjakan tugas dan di kumpulkan .

V.Alat dan Sumber Pembelajaran

Alat :

Laptop

LCD

Sumber :

depdiknas. 2006. Peraturan Pemerintah No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Semester 1. Jakarta: Depdiknas.

VI.Penilaian

Teknik : tugas individu.

Soal :

1.        Isilah titik-titik berikut ini.

a.  -7 + 4 = ....

b. 4 + (-7) = ....

Jadi, -7 + 4 = .... + .... ( 10)

2.        a. 3 x (5 x6) = ....

b.  (3 x5) x6 = ....

Jadi, 3 x (5 x6) = ( .... x....) .... = .... ( 10 )

3.       a.  1/2 x 1/3 = . . .  

b.   1/3  x 1/2 = . . .  

Jadi , 1/2 x 1/3 = . . . x . . . = . . .                                                                                                      ( 20 )

3.        Daging sapi dimasukkan ke dalam ruang pendingin bersuhu -20. Kemudian, daging sapi dikeluarkan untuk dijual dan suhunya naik 4 setiap 1 jam. Berapakah suhu daging sapi setelah 7 jam dikeluarkan dari ruang pendingin? ( 20 )

4.Dalam kompetisi Matematika, setiap jawaban benar diberi skor 3, jawaban  salah diberi skor -1, dan jika tidak menjawab diberi skor 0. Dari 40 soal yang diujikan, Dedi menjawab 31 soal, yang 28 soal di antaranya dijawab benar. Skor yang diperoleh Dedi adalah… ( 40 )

Yogyakarta, 6 Maret 2014

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Matematika

Dra. Sumargiyani, M. Pd                                                                               Arief Hidayat , M.Pd

NIP.                                                                                                                       NIM.11006152

Jawaban :

1.    a.  -7 + 4 = -3

b. 4 + (-7) = -3

Jadi, (-7) + 4 = 4 + (-7)

2.        a. 3 x (5 x6) =90

b.  (3 x5) x6 = 90

Jadi, 3 x (5 x6) = ( 3 x5) x6 = 90

3.       a.   1/2 x 1/3 = 1/6

b.     1/3  x 1/2 = 1/6

Jadi ,  1/2 x 1/3 = 1/3 x 1/2 = 1/6

4.Suhu mula-mula daging -20

suhunya naik 4 setiap 1 jamdan waktu di luar ruangan 7 jam x 4 =  28

sehingga , -20℃ + 28 = 8

5. Tidak dijawab = 40 – 31 = 9 soal

Salah = 31 – 28 = 3 soal

28 soal benar, skornya adalah 28 × 3 = 84. –

3 soal salah, skornya adalah 3 × (–1) = –3.

9 soal tidak dijawab, skornya 9 × 0 = 0

Skor yang diperoleh Dedi adalah 84 + (–3) + 0 = 81.

Untuk serial pdf bisa klik di sini




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline