Lihat ke Halaman Asli

Arief Cahyana

Pemerhati Pemerintah Daerah dan Pendidikan

Guru Honorer sekaligus Youtuber PJJ

Diperbarui: 9 September 2020   09:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Amelia saat mengajar menggunakan youtube (dokpri)

Pekanbaru, Riau - Status honorer sebagai guru kelas VI di SDN 15 Pekanbaru dan ditambah kondisi pandemi Covid-19, tidak menghalangi kreativitas Amelia Madona berinovasi dalam pembelajaran. 

Berawal dari keresahannya saat diberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ), guru yang biasa disapa Ibu Amel ini memutuskan membuat channel YouTube untuk mendampingi proses pembelajaran pada anak didiknya.

"Sejak anak-anak belajar di rumah, saya berpikir bagaimana caranya agar anak-anak tidak ketinggalan materi pembelajaran. Apalagi pelajaran seperti materi IPA yang banyak praktiknya. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat video pembelajaran dan diunggah di YouTube," ujar Amel yang telah menjadi honorer di SDN 15 Pekanbaru sejak tahun 2006.

Menjadi Guru dan Youtuber
Video pembelajaran tematik kelas VI yang awalnya diunggah untuk internal kebutuhan SDN 15 Pekanbaru, ternyata mendapatkan respons yang luar biasa dari para guru di Indonesia. Dalam waktu dua bulan viewer dan subscriber channel Amelia Madona meningkat drastis.

"Awal mula saya mengunggah hanya untuk keperluan internal sekolah. Tidak terpikirkan sama sekali akan ditonton banyak orang. Pada saat bulan Juli, video yang saya unggah melejit dan banyak mendapatkan apresiasi dari guru di seluruh Indonesia," tuturnya. 

Perjuangan Amel dalam memproduksi video pembelajaran tematik untuk kelas VI membuahkan hasil yang sangat membanggakan. Selain menjadi salah satu referensi guru di Indonesia, channel YouTube yang dia kelola juga telah di monetize sehingga Amel bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari channel YouTube yang dibuatnya. Hal ini tentu sangat membantu Amel yang sampai saat ini masih berpenghasilan di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP) Riau 

Halaman youtube Amelia Madona (dokpri)

Tetap Menerapkan Prinsip MIKIR

Dalam video pembelajaran yang dibuat, Amel tetap memperhatikan unsur-unsur pembelajaran aktif mengalami, interaksi, komunikasi dan refleksi atau dikenal dengan istilah MIKIR.

Setelah membuat video pembelajaran, dia memasukkan link channel YouTube ke google classroom kemudian menginformasikan ke siswa melalui WhatsApp group (WAG) dan memberikan penugasan seperti yang ada di video. Jika siswa menemui kesulitan, Amel membuka ruang diskusi melalui aplikasi WA, google meet atau zoom.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline