Lihat ke Halaman Asli

Sampai Seberapa Besar Peran APBD Sleman untuk Memberdayakan Masyaraktnya

Diperbarui: 25 Juni 2015   19:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

“Pemerintah yang baik merupakan syarat penting bagi terciptanya stabilitas ekonomi makro dan tingginya tingkat pertumbuhan; dan transparansi fiskal merupakan aspek kunci bagi terwujudnya pemerintahan yang baik”. (IMF, Fiscal Transparency A Factsheet, Juni, 2001).

Hakekat anggaran adalah suatu pedoman yang akan dilaksanakan pemerintah yang meliputi rencana pendapatan, belanja dan biaya dalam satuan rupiah yang disusun berdasarkan klasifikasi anggaran secara sistematis untuk suatu periode tertentu. Melalui anggaran kita dapat mengetahui apa yang menjadi skala prioritas pembangunan di suatu daerah dimasa kini maupun dimasa depan. Anggaran memiliki peran strategis dalam menentukan dan menetapkan prioritas pembangunan pada suatu daerah.

Transparansi dalam proses penganggaran (budgeting), (sebagaimana dalam kutipan diatas merupakan aspek kunci bagi terwujudnya good governance dan suksesnya pembangunan.

Tema ini yang coba diangkat dalam Workshop Anggaran Untuk Kesejahteraan Masyarakat yang dilakukan oleh PRADAMAS Slemanbeberapa waktu lalu. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk : lebih memberikan pemahanman agar masyarakat bisa sedikit paham tentang apa dan bagaimanakah APBD kabupaten Sleman, dengan harapan masyarakat bisa melakukan Akses terhadap berbagai anggaran Pemda Sleman untuk kesejahteraan masyarakat Sleman.

Workshop Anggaran Untuk Kesejahteraan Masyarakat Slemandilaksanakan pada Hari Ahad 4 Desember 2011 bertempat di Aula DPRD Kabupaten Sleman dengan menampilakan Narasumber Ir. H. Rohman Agus Sukamto (Wakil Ketua DPRD Sleman/ Badan Anggaran ) dan Sadar Narimo S.Ag. SH ( DPRD Prop DIY ) sebagaimana disampiakan Nur Hidayat A.Md selaku ketua panitia penyelenggara acara tersebut.

Kebetulan penulis mengikuti acara tersebut dan ternyata menjadi pembuka wawasan bahwa anggaran pemerintahan sudah semestinya dan harus menjadi sebuah alat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ........ dan bukannya dikelola dengan semena-mena untuk kemakmuran sekelompok elite saja namun harus bisa menjangkau dan memberikan penguatan kepada masyarakat di tingkatan yang paling bawah.

Semoga ini bukannya jadi mimpi di siang bolong....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline