Lihat ke Halaman Asli

Ari Budiyanti

TERVERIFIKASI

Lehrerin

Tiga Cara Sederhana Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui PJJ

Diperbarui: 7 Maret 2022   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto: pixabay.com

Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ sudah dilakukan sangat lama di sekolah-sekolah. Beberapa sekolah masih ada yang melangsungkan PTMT karena kondisi area sekitar sekolah tidak semuanya sama.

PTMT singkatan dari Pertemuan Tatap Muka Terbatas. Saya sempat juga mengajar dengan PTMT selama sekitar 2 bulan. Kondisi di sekitar sekolah tempat saya mengajar memang tidak memungkinkan untuk melanjutkan kegiatan PTMT.

Naiknya kasus omicron di sekitar area sekolah membuat kami harus melaksanakan PJJ kembali. Saya sungguh merasa prihatin dan kasihan dengan kondisi anak-anak masa kini yang harus PJJ terus menerus.

Kalau dulu selama sekolah sebelum pandemi melanda, kami sudah menggiatkan minat baca dengan adanya pojok buku atau library corner di tiap ruang kelas dari kelas 1 sampai 6. Rak-rak buku selalu dipenuhi buku-buku dari perpustakaan yang diganti secara berkala.

Dokpri pojok buku di sekolah sebelum pandemi

Baca kisahnya di artikel saya berjudul 5 Cara Sederhana Pendekatan Literasi pada Anak-Anak. 


Siswa yang terkadang harus menunggu jemputan agak lama bisa tinggal di kelas sambil membaca buku. Itu dulu. Lalu bagaimana sekarang?

Pandemi membuat siswa harus berada di dalam rumah terus menerus untuk belajar. Kami mengadakan pertemuan daring menggunakan aplikasi zoom. Selain itu tugas tertulis dan praktek diberikan melalui google form dalam google classroom.

Lalu, selain membaca materi pelajaran yang dikirim guru ke google classroom, bagaimana upaya guru untuk meningkatkan minat baca pada siswa sekalipun mereka belajar dari rumah?

Ini tiga hal yang sudah saya lakukan untuk menolong siswa  dalam meningkatkan minat baca di rumah meski PJJ:

1. Mengadakan kelas baca

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline