Lihat ke Halaman Asli

Ari Budiyanti

TERVERIFIKASI

Lehrerin

Berkebun Sayur sebagai Upaya Menyediakan Sumber Sayur Sehat bagi Keluarga

Diperbarui: 13 Juni 2020   21:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri


Saya hari ini ingin berbagi tentang hobi berkebun sayuran. Saya pernah menanam beberapa jenis sayuran di rumah. Penting bagi kita untuk mengonsumi sayur mayur. Sebagai sumber serat alami, sayur mayur wajib dikonsumsi setiap hari.

Memang sayur mayur segar yang mentah banyak disediakan di pasar dan swalayan di sekitar Anda. Namun pandemi Covid19 yang melanda, berkebun sayuran mungkin bisa menjadi alternatif baru yang menarik untuk menyediakan sumber sayuran keluarga kita.

Beberapa sayuran yang pernah saya tanam di halaman rumah saya diantaranya adalah:

1. Tomat

Dokpri

Tomat sebagai sumber vitamin C sangat dibutuhkan tubuh kita. Pengalaman pertama saya berkebun tomat adalah di masa kecil saya.

Tomat saya tanam dalam media tanah yang saya letakkan dalam dua kondisi. Yang pertama media tanah saya masukkan di dalam kaleng bekas sebagai pot.

Dokpri

Sementara kondisi kedua, tomat saya tanam langsung di tanah di halaman samping rumah. Biji tomat menunjukkan pertumbuhan yang sama pada awalnya.

Namun di kemudian hari, tanaman tomat saya yang ada di halaman samping runah tumbuh lebih sehat dan berbuah lebih besar dibandingkan yang saya tanam dengan pot kaleng bekas.

Ini menjadi pengalaman menarik dan tak terlupakan. Selanjutnya saya merawat tomat yang saya temukan tinbuh di halaman depan rumah. Jadi bukan sengaja saya tanam.

Dokpri

Tanaman tomat ini tumbuh dengan sangat subur dan berbuah banyak. Bahkan tomat ini bisa dinikmati bersama keponakan kecil-keponakan kecil saya.

Tomat selain dijadikan sayuran untuk dimasak, boleh juga dijadikan minuman segar. Bisa dibuat minuman jus tomat, maupun di jadikan minuman segar ditambah gula pasir.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline