Lihat ke Halaman Asli

Ari Budiyanti

TERVERIFIKASI

Lehrerin

Mari Berkebun Sayuran

Diperbarui: 13 Juni 2020   08:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa Jenis Sayuran yang Pernah Saya Tanam

Sayuran adalah menu yang seharusnya menjadi makanan kita sehari-hari. Bukan rahasia lagi kalau makan sayur mayur sangat baik bagi kesehatan kita. Jadi apa sayuran kesukaan Anda? 

Tulisan saya kali ini tentang kisah saya berkebun sayuran di halaman depan dan belakang rumah. Saya memang sangat menikmati berkebun. Semua yang memungkinkan ditanam, akan saya tanam. Tidak hanya bunga-bunga saja tapi juga tanaman sayur.

1. Tomat

Buah Tomat yang pernah sangat rimbun di halaman rumah. Photo by Ari

Kisah pertama saya dengan Tomat. Rumah saya dekat dengan pasar. Kadang, tanpa saya tanam, saya menyadari ada tanaman baru yang bermanfaat di halaman rumah. Bisa dari biji-bijian yang mungkin dibawa oleh burung dari pasar sebelah rumah. 

Seperti tanaman tomat di atas. Awalnya saya seperti biasa menyiramin tanaman bunga saya. Waktu lihat ada tanaman tomat, saya segera perhatikan dengan seksama. Saya rawat, disiramin setiap hari. Rumput di sekitarnya saya cabut. Dan sampai berbuah banyak. Buahnya saya nikmati bersama keluarga. Bahkan kedua keponakan saya ikut menikmatinya. 

Keponakan kecil menikmati tomat. Photo by Ari

Kalau keponakan saya yang satu ini, belum terlalu suka tomat. Waktu melihat tomat matang di pohon, senangnya bisa ikut panen tapi tidak mau makan hasil panennya.

Keponakan yang lebih besar sudah suka makan tomat. Photo by Ari

Sekilas tentang tomat hasil berkebun saya beberapa tahun lalu. Rasanya makan tomat hasil kebun sendiri, nikmatnya luar biasa. 

Tomat hasil panen. Photo by Ari.

Tunggu tulisan saya khusus membahas berkebun tomat ya. Kali ini saya hanya menyebutkan saja kisah singkat si tomat. Saya lanjut ke tanaman ke dua ya.

2. Pare

Hasil kebun saya selanjutnya adalah Pare. Photo by Ari

Siapa penggemar si pahit yang lezat ini? Pare. Ibu saya penggemar berat masakan sayur pare. Saya harus bilang lagi, awalnya tanaman pare pun tiba-tiba saja muncul di halaman depan rumah saya. Saya tidak menanamnya dengan sengaja. Saya hanya mengenalinya lagi, ada tanaman pare, dan selanjutnya saya rawat. 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline