Lihat ke Halaman Asli

Ariani Sodri

Mahasiswa

Pelaksanaan Pembelajaran Sejaran di Sekolah, Belum Maksimal

Diperbarui: 23 Oktober 2024   23:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

kegiatan belajar disekolah seringkali menjadi hal yang kurang diperhatikann oleh para orang tua,guru, dan masyarakat. stigma bahwa nilai (angka) masih menjadi tolak ukur dalam acuan belajar masih sangat melekat di masyarakat terutama para pelaku pendidikan. masalah lain yang terlupakan adalah pemahaman akan mata pelajaran sejarah yang seringkali kurang sumber dan jarang memuat hal-hal yang bersifat fakta pada buku pelajaran sejarah disekolah 

pada bahan ajar sekolah dimulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, mata pelajaran sejarah mempunyai bahan ajar yang paling sedikit dengan sumber yang minim. bahkan seringkali dalam materi ajarnya, mata pelajaran sejarah hanya mengulang materi yang bersifat itu saja .

 pelaksaan pembelajaran sejarah seringkali dianggap hal sepele oleh pemerintah, terbukti dengan minimnya jam pembelajaran sejarah padasetiap tingkat pendidikan, tak hanya itu sumber yang dimuat oleh buku pelajaran sekolah juga berifat tidak sesuai dengan fakta dan hanya memuat hal-hal yang pasif sehingga dalam pelaksanaannya belulm maksimal 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline