Lihat ke Halaman Asli

Ariana Maharani

TERVERIFIKASI

MD

Psikologis Orangtua dari Anak dengan Stunting

Diperbarui: 16 Juni 2023   10:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kader Posyandu mendatangi rumah warga untuk mengukur tinggi badan dan penimbangan berat badan kepada dua balita penderita stunting di Kabupaten Takalar (Riza Salman via kompas.com)

Beberapa waktu yang lalu, saya menyaksikan sebuah video di TikTok yang dibuat dan diunggah oleh seorang ibu rumah tangga yang di dalam video tersebut ia mengatakan tidak ingin datang kembali ke Posyandu pada bulan depan. Ia merasa terpojokkan saat para kader posyandu memberi nasihat kepadanya mengenai anaknya yang mengalami stunting. 

Selain nasihat para kader posyandu yang menurutnya tak mengenakkan, stigma yang dibangun masyarakat mengenai hal-hal yang membuat anaknya menjadi anak stunting merupakan hal kedua mengapa posyandu kini menjadi tempat menyeramkan baginya.

Keengganan orang tua untuk membawa anaknya ke posyandu akan berimplikasi pada tinggi badan dan berat badan anak yang akhirnya lepas dari pengawasan. Sang anak bisa saja jatuh selamanya dalam kondisi stunting dan tak terselamatkan. 

Melalui cerita di atas, seluruh pihak yang berperan dalam penanganan stunting kiranya harus memahami bahwa kondisi stunting pada anak dapat menjadi beban yang berat bagi orang tua secara psikologis. 

Orang tua dan anak yang mengalami stunting sering kali menghadapi stigma sosial. Mereka mungkin mengalami diskriminasi atau dijauhi oleh masyarakat karena pertumbuhan anak yang terhambat. 

Orang tua dari anak dengan stunting sering kali diberikan stigma tidak dapat mengasuh anak dengan baik dan benar. Padahal, kondisi stunting tidak hanya tentang apa yang diberikan oleh orang tua. Banyak hal yang berkontribusi di dalamnya. Dengan kata lain, stunting pada anak bukanlah kesalahan atau kegagalan orang tua. 

Faktor penyebab stunting sangat kompleks dan melibatkan berbagai aspek seperti gizi, sanitasi, dan akses ke pelayanan kesehatan yang memadai. Sebut saja salah satu dari sekian banyak faktor penyebab stunting adalah terkait bagaimana pemerintah menjamin ekonomi warganya. Akibat dari ekonomi warga yang tidak dijamin oleh negara, para orang tua tak mampu untuk membeli makanan yang bergizi sejak ia hamil hingga membesarkan anak-anaknya. 

Pada akhirnya, stigma yang diberikan di lingkungan sosial dapat berdampak negatif pada kesejahteraan psikologis orang tua, membuat mereka merasa malu, terisolasi, hingga merasa rendah diri.  

Patut dipahami bahwa penanganan stunting kiranya memang sangat rumit. Penanganan stunting adalah hal yang begitu multifaktorial. Terdapat begitu banyak faktor yang mempengaruhi penanganan stunting. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline