Lihat ke Halaman Asli

Ariana Maharani

TERVERIFIKASI

MD

Menghargai Pengalaman Subjektif bernama Nyeri

Diperbarui: 31 Maret 2023   16:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi nyeri (Sumber: shutterstock)

Rasa nyeri adalah sebuah pengalaman subjektif, yang berarti rasa nyeri yang dirasakan oleh setiap orang dapat berbeda-beda meskipun mengalami rangsangan yang sama. Tergantung pada persepsi individu terhadap stimulasi nyeri. 

Rasa nyeri timbul ketika sistem saraf manusia menerima sinyal yang memberikan atau menginduksi rasa sakit dari berbagai reseptor nyeri di tubuh dan kemudian mengirimkan sinyal tersebut ke otak. Rangsangan ini dapat berasal dari berbagai faktor, seperti cedera, peradangan, atau penyakit.

Terkait persepsi individu yang berbeda-beda terhadap stimulasi nyeri, terdapat beberapa faktor yang memengaruhinya. 

Pertama, individu yang sering mengalami rasa nyeri pada masa lalu, mungkin lebih sensitif terhadap rasa nyeri pada masa sekarang. 

Kedua, beberapa orang mungkin dapat menangani rasa nyeri dengan lebih baik, sedangkan orang lain mungkin lebih sensitif terhadap rasa nyeri, atau dengan kata lain terhadap toleransi nyeri yang berbeda-beda pada setiap orang. 

Ketiga, faktor psikologis seperti stres, kecemasan, dan depresi dapat mempengaruhi persepsi seseorang terhadap rasa nyeri. 

Keempat, faktor fisik seperti usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan juga dapat mempengaruhi persepsi seseorang terhadap rasa nyeri.

Pada praktiknya di lapangan, rasa nyeri seringkali diremehkan baik oleh orang-orang di sekitar kita maupun oleh tenaga medis yang seharusnya menjadi pihak terakhir yang dapat kita andalkan saat orang-orang mengabaikan rasa nyeri kita. 

Banyak orang tidak memahami betapa mengganggunya rasa nyeri, sehingga mereka cenderung meremehkan rasa sakit yang dirasakan oleh orang lain. Hal tersebut merupakan suatu stigma terhadap penderita nyeri. 

Stigma terhadap penderita nyeri adalah pandangan atau sikap negatif, diskriminatif, atau meremehkan terhadap orang-orang yang mengalami rasa nyeri atau kondisi kronis yang menyebabkan rasa nyeri. Kembali, stigma ini bisa terjadi karena kurangnya pemahaman tentang sifat subjektif rasa nyeri dan pengaruhnya pada kesejahteraan fisik dan mental penderita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline