Lihat ke Halaman Asli

Arvin Syahputra Nasution

Jurnalis dari Medan

JNE Penyampai Kado Spesial dari Terspesial

Diperbarui: 28 Desember 2020   10:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Audry adalah sosok anak yang tangguh dan beruntung. Meski seorang wanita yang tinggal berjauhan dari kedua orang tua, ia tak pernah mengeluh. Dia gigih melakukan aktivitas di luar perkuliahan. Hal itu dilakukan agar bisa meringankan biaya kuliah dan keperluannya.

Beberapa hari kemarin, di bulan November 2020 genaplah usianya 19 tahun. Selama 3 tahun belakangan ini, Audry sudah terbiasa hidup jauh dari kedua orang tua dan 2 adiknya. Tiga tahun silam, orang tuanya terpaksa pindah dari Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara karena bekerja di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Selama menetap di Medan, gadis berhijab ini pun berjibaku menyibukkan diri dengan aktivitas mengajar dan melakukan beberapa kegiatan lain di luar perkuliahan. "Saya di sini (Kota Medan), tinggal di rumah nenek. Orang tua dan adik-adik jauh, jadi saya harus bisa meringankan beban orang tua dengan mencari tambahan uang kuliah," kata Audry.

Aktivitas itu selain menambah keuangannya, ternyata bisa meredupkan rasa kangen terhadap orang tua dan kedua adiknya. Sebab, sedari kecil ia selalu tinggal dan berkumpul bersama orang tuanya. Namun dikarenakan keterpurukan ekonomi menerpa kedua orang tuanya, mengharuskan keluarganya itu mengadu nasib dan memulai peruntungan bekerja di luar Provinsi.

Selama tiga tahun itu pula ia sudah tak bertemu langsung orang tuanya. Rasa kangen, dan sedih terkadang datang, dikala aktivitasnya sepi. Hingga di tahun ketiga dan beberapa hari menjelang hari ulang tahunnya ke-19, kesedihan itu pun amat terasa. Di tempat mengajarnya, semua guru dan bersama puluhan murid memberinya kejutan ucapan ulang tahun terhadapnya. Hal itu sangat membuatnya terharu.

"Terima kasih ya semua kepada Ummi dan para Abi sebagai pengajar di rumah quran ini. Terima kasih juga buat para santri, anak-anak pengajian. Sungguh saya tak menyangka. Saya sangat sedih, karena orang tua dan aduk-adik saya jauh di luar kota, disini kalian semua lah keluarga saya," bilangnya.

Hingga satu ketika, beberapa hari setelah perayaan itu, dan memasuki pertengahan Desember, sukacita dari orang tua pun tersiar. Sabtu, 19 Desember. Tiga hari sebelum hari tersebut, "Audry, sudah dapat kiriman paket," tanya Om (paman) gadis manis ini. Hal yang serupa juga dilontarkan oleh ibunya dari seberang telfon secara singkat. Awalnya ia bertanya-tanya, paket apa, dari siapa, dan untuk siapa. Tapi karena tak mau ambil pusing, jadi dia berpikir untuk menunggu paketnya datang saja maka semua pertanyaan tadi akan terjawab batinnya.

Dan tiba di hari Sabtu nya saat sedang berada di luar rumah, gawainya berdering dari nomor yang tak dikenal. Sebenarnya secara pribadi, ia enggan sekali menjawab nomor yang tak dikenal, namun karna sudah diwanti-wanti bakalan ada kurir yang kirim paket, secara otomatis ia langsung tersugesti nomor yang dikenal itu pasti si kurir. Dan ternyata tak meleset. Alias benar.

"Rupanya itu paket untukku. MasyaAllah sekali. Kaget. Sekaligus penasaran dari siapa dan apa sih isinya. Kenapa kirim paket? Aku abis menang apa? Ini kan Desember, tak ada hari spesial juga," ujarnya dalam hati.

"Kak Audry itu paket kakak udah datang" kata Bintang---adik sepupu yang berusia lima tahun. Dengan bergegas, tanpa basa-basi sesampainya di rumah mata Audry langsung bekerja lebih cepat dari biasanya untuk mencari di mana paket itu berada. Rupanya oh rupanya. Itu adalah hadiah ulang tahun pada November kemarin dari Ibunya tersayang, ditambah dapat surat cinta pula. Makin senyum-senyum ia membacanya sekaligus terharu.

"Alhamdulillah senang betul, hadirnya jasa ekspedisi seperti JNE bisa membuat yang jauh terasa dekat, seperti apa yang ku alami kini. Hadiah spesial yang ku dapati ini dari orang tuaku yang domisilinya beda provinsi, mereka di Riau sedang aku di Medan, Sumatera Utara," bebernya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline