Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Kebersihan Lingkungan dan Meningkatkan Insfratuktur di Desa Segaran

Diperbarui: 3 Maret 2023   02:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Kelompok KKN Universitas Budi Luhur 55, 56 dan 57. Dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu wujud kristalisasi dan integralisasi dari ilmu pengetahuan yang tertuang seara teoritis di bangku kuliah untuk diterapkan dan di aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat secara luas. Bagi mahasiswa/mahasiswi diharapkan dapat menjadi suatu pengalaman belajar dan mengembangkan diri untuk menambah pengetahuan, kemampuan, dan kesadaran untuk hidup dimasyarakat.

Mahasiswa Kelompok KKN Universitas Budi Luhur 55, 56 dan 57 dalam acara Pembukaan di Aula Kantor Desa Segaran. Dokpri

Mahasiswa KKN Universitas Budi Luhur kelompok 55 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Muhammad Iqbal Naufal, S.I.Kom. pelaksanakan kegiatan KKN berlangsung salama 1 (satu) bulan yang bertempat di Dusun Rawa Indah, Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Luas wilayah Desa Segaran 652 hektare. terdiri area pertanian sebanyak 450 hektare, palawija/perkebunan seluas 50 hektare sisanya dihuni oleh pemukiman warga. 

Di desa ini juga memiliki kebudayaan situs peninggalan bersejarah yaitu percandian. Percandian dijadikan untuk penelitian, menambah ilmu pengetahuan, dan sebagai objek wisata. kegiatan yang telah direncanakan dilakukan secara Bersama dengan Kelompok 56 dan 57 yang dilaksanakan sejak 01 Februari 2023 hingga 18 Februari 2023.

Terkait Program kerja yang telah kami rencanakan sebelumnya sudah di rundingkan Bersama teman KKN kelompok lainnya dan perangkat desa yang dilakukan ketika kami melakukan survey dan memaparkan program kerja pada saat pembukaan KKN yang diadakan di Kantor Balai Desa.

Mahasiswa Kelompok KKN Universitas Budi Luhur 55, 56 dan 57 melakukan pemasangan  plang nama jalan salah satunya Gg. H. Sa’arih. Dokpri

Salah satu program kerja yang terealisasikan adalah adanya pemasangan plang nama jalan, dalam pelaksanaan kegiatan pemasangan plang nama jalan di wilayah desa Segaran, Pemasangan plang nama dilakukan secara Bersama teman KKN lainnya dan dari perwakilan perangkat desa dan tidak melibatkan masyarakat di karenakan menhindari adanya kerumunan. 

Adapun 4 (Empat) titik daerah di Desa Segaran yang di pasang plang nama jalan, yaitu : Jl. Candi Jiwa, Gg. Segar Tanjung, Gg. Sasak Ge’in, Gg. H. Sa’arih. Pelaksanaan kegiatan pemasangan plang nama jalan ini, diharapkan semua pengguna jalan yang melewati desa ini dapat terbantu saat mengakses jalan dan dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan pengguna jalan lainnya yang ingin mencari lokasi atau jalan di desa Segaran.

Dokpri

Mahasiswa Kelompok KKN Universitas Budi Luhur 55, 56 dan 57 melakukan kegiatan kerja bakti di lingkungan Dusun Segar Tanjung Rt 10A dan 10B. Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline