Lihat ke Halaman Asli

Perdana, Kades Golo Ronggot Membuka Launching Posyandu Remaja di Desanya

Diperbarui: 26 Februari 2023   17:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintah Desa, Pihak Puskesmas, Pihak Gereja, Unsur Masyarakat, dan beberapa Perwakilan Remaja. Dokpri

Kepala Desa Golo Ronggot Fidelis Pangkul, S. Pd.  membuka Launching Posyandu Remaja pertama kali di Desa Golo Ronggot, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat. Kegiatan ini bertempat di Aula Serbaguna Paroki Sta. Teresa Kalkuta Datak, Minggu (26/02/2023).  


Posyandu Remaja ini dibentuk atas inisiatif Kepala Puskesmas Datak bekerjasama dengan Pemerintah Desa Golo Ronggot untuk memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan, terutama bagi para Remaja berusia 10-19 tahun di Desa Golo Ronggot.


Dalam Sambutannya, Kepala Desa Golo Ronggot menyampaikan bahwa Pemerintah Desa Golo Rongggot memastikan akan memberikan perhatian khusus terhadap masalah kesehatan Remaja. Pemerintah Desa  juga berupaya melakukan pengentasan masalah stunting di seluruh Wilayah Desa Golo Ronggot.


Menurutnya, program-program kesehatan semacam ini merupakan bagian penting dalam rangka menyiapkan SDM yang unggul menuju Generasi Emas tahun 2045. Kerena itu, kegiatan Launching Posyandu Remaja yang diselenggarakan hari ini adalah kegiatan penting yang sangat kami dukung melalui kerjasama Puskesmas Datak dengan Pemerintah Desa Golo Ronggot.


Kepala Puskesmas Datak, Benyamin Maunu Kefi  yang juga memberi sambutan menyampaikan bahwa dengan adanya Posyandu Remaja ini diharapkan kesehatan Remaja bisa lebih diperhatikan dengan baik. Selain itu, melalui kegiatan Posyandu yang diadakan secara rutin nantinya akan meningkatkan kesadaran remaja tentang pentingnya menjaga kesehatan remaja, katanya.


Sebelum melakukan skrining pada Remaja, kegiatan diawali dengan sosialisasi Posyandu Remaja yang disampaikan oleh Ibu Agnesti Alrianti, salah seorang Bidan di Puskesmas Datak.


Dalam pemaparannya, dijelaskan bahwa Kegiatan Posyandu Remaja mencakup upaya promotif dan preventif yang meliputi Pendidikan Ketrampilan Hidup Sehat (PKHS), Kesehatan Reproduksi Remaja, Kesehatan jiwa dan pencegahan penyalagunaan Napza, gizi, pencegahan Penyakit tidak menular (PTM) dan pencegahan kekerasan pada Remaja.


Kegiatan Launching Posyandu Remaja ini dihadiri oleh unsur Pemerintah Desa, Pihak Puskesmas Datak, unsur Gereja, unsur Masyarakat, Guru pendamping, dan 127 Remaja wilayah Desa Golo Ronggot.
Rencananya kegiatan Posyandu Remaja ini akan diadakan secara rutin pada Minggu ke-4 setiap Bulan melalui koordinasi dengan Pemerintah Desa.


(Ari Bero)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline