Lihat ke Halaman Asli

ARI SETYOWATI

mahasiswa

Pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk

Diperbarui: 23 Februari 2024   10:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bank Jatim Cabang Pembantu Ploso (Dok. pribadi)

Dunia kerja di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring dengan kebutuhan akan tenaga kerja yang siap pakai dan terampil di dalam menghadapi permasalahan yang ada di dalam dunia kerja. Sehubungan dengan hal itu perguruan tinggi sebagai tempat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berkepribadian mandiri, dan memiliki kemampuan intelektual yang baik merasa terpanggil untuk semakin meningkatkan mutu mahasiswanya.

Sejalan dengan pemikiran tersebut Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sebagai sebuah institusi perguruan tinggi swasta di Indonesia berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia yang profesional dibidangnya serta mampu merancang sistem terintegrasi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan. Guna menunjang terwujudnya komitmen dari perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas unggul dan sesuai dengan standar kompetensi dunia kerja maka wawasan mahasiswa tentang dunia kerja sangat diperlukan.

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menetapkan Praktik Kerja Lapangan sebagai salah satu pendukung kuliah yang ditempuh oleh mahasiswa program studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Dengan kegiatan Praktik Kerja Lapangan di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Kantor Cabang Pembantu Ploso, yang diambil oleh masing-masing mahasiswa, diharapkan mahasiswa dapat belajar mengenai sistem kerja di lapangan secara langsung dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja tempat mereka melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan.

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Kantor Cabang Pembantu Ploso berfungsi sebagai tempat transaksi nasabah dan melakukan kegiatan operasional sehari-hari seperti pembukaan rekening, pengambilan deposit, pengambilan kredit, dan sebagainya. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Kantor Cabang Pembantu Ploso juga mempunyai tujuan utama yaitu untuk membantu memperluas jangkauan layanan perbankan ke daerah - daerah yang sulit dijangkau. Misalnya, ada sebuah desa yang jaraknya cukup jauh dari kantor pusat bank terdekat. Nah, agar masyarakat desa tersebut dapat menggunakan jasa perbankan, dibangunlah KCP Bank di desa tersebut. Dalam hal ini, KCP Bank berfungsi sebagai jembatan antara masyarakat dengan bank utama.

Ari Setyo Wati merupakan salah satu mahasiswa dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, yang saat ini sedang melaksanakan praktik kerja lapangan di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Kantor Cabang Pembantu Ploso. Dengan masa penugasan selama 1 (satu) bulan lebih, yang dimulai pada tanggal 03 Januari 2024 hingga 23 Februari 2024. Mahasiwa tersebut adalah mahasiswa Angkatan 2021 dari fakultas ekonomi dan bisnis, program studi akuntansi.

Sebelum melaksanakan kegiatan magang mandiri, mahasiswa tersebut terlebih dahulu mengajukan proposal magang mandiri kepada Dekan Fakultas dan Kaprodi beserta dengan meminta surat keterangan magang dari pihak kampus yang nantinya akan diberikan kepada pihak Humas PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Jombang. Setelah melalui beberapa tahap dan pemberkasan di Humas PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Jombang, maka ditetapkan bahwa mahasiswa tersebut dapat memulai magang mandiri pada hari Rabu, 03 Januari 2024 yang ditempatkan di Bank Jatim Cabang Pembantu Ploso, berdasarkan program studi mahasiswa yaitu prodi akuntansi.

Setelah melakukan magang mandiri di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. Selama satu bulan diharapkan penulis mendapat banyak ilmu baru. Dalam melaksanakan tugas pokok, mempunyai fungsi:

  • Menjadi agen bersama kepala cabang pembantu Bank Jatim Ploso.
  • Membuat M-Banking Bank Jatim yaitu J-Connect Bersama mentor.
  • Mengisi slip penyetoran uang yang akan diberikan kepada nasabah.
  • Memeriksa antara kas bon kredit, bukti transaksi nasabah, bon penyetoran operasional, dan bukti setoran pajak daerah SSPD dengan daftar transaksi yang dimiliki bank jatim cabang pembantu ploso.Pelaksanaan keberatan, tindak lanjut atas keringanan, pengajuan pembetulan, dan pengembalian kelebihan pembayaran pajak daerah;
  • Menginput data COSACDING DPK yang berisi laporan Giro Ploso, Siklus Pensiun, Siklus Prio Ploso, Siklus, Simpeda, dan Tabunganku yang berisi nasabah dengan nominal di atas Rp 50.000.000,00,-
  • Melayani nasabah yang akan membuat (register) rekening dan tabungan baru dan memandu untuk membuat mobile banking yaitu J-Connect dengan mengisi formular yang kami berikan sebelumnya.
  • Menyusun dan menyiapkan berkas Kredit Multiguna Cabang Pembantu Ploso.
  • Merekap transaksi TL JTM144 pada tanggal 31 Januari 2024 sampai dengan 19 Februari 2024.
  • Meregristasi Permohonan Kredit pada bulan Agustus 2023 sampai dengan Februari 2024, dan
  • Merekap Persediaan Cek dan BG (Bilyet Giro) pada tahun 2023.

Penulis mendapat bantuan dari para pegawai dalam menyelesaikan laporan akhir magang mandiri ini dengan maksimal. Di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. tugas yang diberikan sangatlah bermanfaat bagi penulis dan berdasarkan pengamatan dan wawancara penulis kepada pegawai tugas dari PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk tersebut memiliki fungsi yang berbeda dengan divisi lainnya, terotorisasi, dan terkontrol dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline