#keAMBIGUan Dalam bisnis, benarkah menguntungkan pelaku bisnis UMKM
AMBIGU, yg berarti realitas yg berbaur dari berbagai kondisi yg ada yg membuat makna dari realitas tsb terasa mengambang dan penuh dgn ketidakjelasan
apakah Dunia bisnis belakangan ini penuh dengan ambiguitas ? beberapa tulisan telah banyak menjelaskan ttg Ambiguitas atau ketidakjelasan ini yg merupakan dampak dari perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat beberapa tahun belakangan dan bagaimana pola perilaku konsumen yg tiba tiba berubah karena ada PANDEMI COVID 19. kondisi ini sebenarnya dpt menguntungkan pelaku bisnis yg bergerak dlm sektor bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). pertanyaan nya kemudian,
BENARKAH???
Sebenarnya AMBIGU bisa menjadi peluang atau keuntungan bagi UMKM. Ketika menemui ketidakpastian, yang membingungkan ini.
contoh misalnya makanan lezat belum tentu laku, barang yang dijual dengan harga murah juga belum tentu laku cepat
dan kehadiran Ojek Online yang mengubah banyak hal. membuat Pelaku usaha kuliner bisa berjualan darimana saja tanpa perlu sewa restoran, begitu terjadi perubahan usaha kuliner dgn cepat mengikuti perubahan tsb tanpa mengeluarkan anggaran yg besar.
beda dengan perusahaan besar, mereka susah untuk berubah. Karena harus ada perombakan banyak , mulai dr perombakan manajemen, manusia, infrastrukturnya yg pasti akan menggunnakan anggaran yg tidak sedikit dgn menghabiskan waktu tentunya, bahkan bisa jadi perusahaan tsb beralih fungsi atau untuk sementara tutup atau merumahkan karyawannya.
so...sy kira terjawab sudah pertanyaan diatas, mari bangkit membangun bangsa dgn menjadi wirausaha/entrepreneur hebat
#kendariwerek
#abonindi
#abontunasangrai
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H