Lihat ke Halaman Asli

Arham Haryadi

Penulis lepas

Pesta Wirausaha, Chairul Tanjung Rekap TDA Day 1

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Entrepreneur harus tau, harus memahami, mengikuti trend, dan bisa membeli trend yang akan datang dengan harga saat ini!. Penting memiliki kreatif dan memiliki kegagalan saat berusaha, Chairul Tanjung, Pesta wirausaha TDA 2012.

img src: @nukman

Chairul Tanjung, Pesta Wirausaha Mempercepat Sukses Entrepreneur

Di jaman saya tidak ada (event atau komunitas) sharing bagaimana menjadi entrepreneur, sekarang banyak mediasinya”. Menurut saya akan ada percepatan dimana Asia menjadi pusat perekonomian dunia. Dengan social media kalian akan lebih cepat membangun usaha tidak seperti saya dulu.

Dalam speech pesta wirausaha 2012 TDA kali ini, chairul tanjung juga mengingatkan bagaimana kompetisi para entrepreneur. Kondisi perekonomian saat ini lebih baik dibandingkan masa lalu, sehingga berwirausaha lebih mudah. Tentu dalam kacamata bagaimana meningkatkan networking dan pemasaran, makanya saat ini yang mau menjadi pengusaha lebih banyak, sehingga kompetisinya lebih tinggi.

Pesta Wirausaha tentang Bisnis Out Of The Box

Tidak mudah untuk berbeda namun tidak berarti (jika mampu) berbeda ia yang terbaik. Di Pesta wirausaha TDA 2012 kali ini, terjaring 5 finalis dengan berbagai ide berbeda yakni:

  1. Stick Golf premium dengan menampilkan ukiran sebagai added value,
  2. Social Media monitoring tool,
  3. Goat sereal, makanan ternak
  4. Bank sampah, mengumpulkan sampah yang kemudian diubah menjadi barang kerajinan.
  5. Coat / jaket tuk Motor.

Sayangnya seperti tweet yang saya @Arhamharyadi lontarkan, tidak ada pemenang di ajang Out of The box kali ini. kalau boleh dibilang saya sepakat total. Apalagi jika dilihat makna dari Out Of The Box yang sebenarnya: “Bukan sekadar berbeda tapi juga menjadi solusi“. Serupa dengan jalur Out Of The Box yang diusung Teh Botol dan Aqua.

Analisa Out Of The Box ( Unik dan jadi Solusi )

Pasar Stick Golf premium dirasa tidak cukup baik untuk sekadar 3 besar, pasarnya terlalu niche. Terlalu niche memang tidak buruk tapi niche pasar golf dibilang buruk, buruk karna tidak mengenal trend. Para penikmat golf dengan tipe kelas atas kadung cinta dengan brand / merk dan mereka bukan cenderung tapi memang sungkan berganti merk stick golf.  kesimpulannnya stick golf dirasa berat untuk bersaing, apalagi bisa dikatakan “stick Golf Premium” yang diusung berskala pemula yakni hanya menjual tehnik ukiran namun belum memiliki nama besar. Social Media monitoring tool, Bicara tentang media yang satu ini memang sedang trend namun tools yang diajukan tidak memiliki ke-unik-an. Jikapun unik namun belum bisa menjadi solusi bagi very personal marketing insight. Goat sereal. produk ini mungkin masih unik untuk lokal tapi sayangnya tidak unik untuk pasar secara makro. Selain itu goat sereal bukan makanan ternak khusus kambing ‘goat’ dan belum memenuhi syarat menjadi solusi. Baik untuk memecahkan masalah ataupun menjadi revolusi experience dari pengguna. Bank sampah, mengumpulkan sampah yang kemudian diubah menjadi barang kerajinan. Bukan tergolong yang Out Of The Box meskipun menjadi solusi maslaah sampah. Karna sebutan Bank bukan benar benar menjual beli sampah atau bertransaksi sampah layaknya Bank, namun hanya permainan kata. Karena, sudah banyak yang seperti ini yang berarti bukan unik lagi bukan? mengumpulkan sampah dari pemulung untuk kemudian diubah menjadi kerajinan. Terakhir, Coat / jaket tuk Motor. Saya sendiri belum pernah melihat coat seperti apa yang dimaksud tapi jika dilihat dari nama dan fungsinya tentu pasar alias penggunanya cukup besar. Mungkin menguntungkan namun sekaligus banyak dengan ‘mudah’ pesaing bisa ikut berkompetisi yang berarti bisa cepat jatuh pula bukan. Bisa dibilang, unik nanggung dan solusinya juga bukan yang baru. Semoga reviewnya bermanfaat :) sumber: Road-entrepreneur.com | Pesta Wirausaha, Chairul Tanjung Rekap TDA Day 1




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline