Lihat ke Halaman Asli

Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN MIT-DR 13 Kelompok 18 UIN Walisongo Bagikan Handsoap

Diperbarui: 5 Maret 2022   10:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembagian Handsoap (Dok. pribadi)

Mahasiswa KKN MIT DR 13 Kelompok 18 UIN Walisongo Semarang berinisiatif membagikan handsoap atau sabun cuci tangan di beberapa tempat di Desa Puworejo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang. Kegiatan ini dilakukan dengan menempatkan handsoap ke beberapa Masjid di Desa Purworejo yang belum tersedia handsoap. 

Diketahui Pandemi covid-19 telah berlagsung kurang lebih tiga tahun lamanya. Selama waktu tersebut khususnya di Indonesia telah mengalami berbagai suasana dari mencekam hingga hampir damai oleh covid-19 ini. Namun untuk sekarang di Indonesia muncul varian baru dari covid-19, yaitu omnicorn yang membuat keresahan baru di kalangan pemerintah hingga masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mencegahan penyebaran virus covid-19 bersama di desa. Program ini sejurus dengan himbauan yang seringkali digalakkan oleh pemerintah dimasa pandemi ini, yaitu 5 M: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Dalam hal ini dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat mendukung ketersediannya sabun untuk mencuci tangan di area umum. 

Pembagian handsoap (Dok. pribadi)

Kegiatan ini disambut baik oleh warga disekitar lokasi, dibuktikan dengan terpakainya handsoap tersebut untuk mencuci tangan tanpa sungkan oleh warga hingga habis. Dengan terpakainya handsoap tersebut sesuai fungsinya diharapkan dapat membantu mencegah penyebaran covid-19 di desa dan harapannya minimal dengan diadakannya gerakan kecil tersebut dapat menggugah masyarakat untuk menjaga hidup bersih utamanya di era new normal ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline