Lihat ke Halaman Asli

Arga Dinata

Kunjungi blog seputar industri software dan IT: https://www.teknovidia.com

7 Strategi Mempertahankan Pelanggan

Diperbarui: 24 September 2021   14:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Menurut riset dari Invescpro.com, biaya untuk mendapatkan pelanggan baru 5x lebih besar daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Namun, ternyata 60-80% pelanggan yang sudah puas pun tidak pernah membeli kembali ke bisnis Anda (riset dari Forbes). Jadi, selain mempertahankan pelanggan, Anda juga harus memastikan mereka melakukan repeat order.

Cara yang paling mudah untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan tetap membangun hubungan yang positif dengan mereka. Berikut ini beberapa strategi untuk mempertahankan pelanggan Anda.

1. Melakukan Evaluasi Pelanggan yang Berhenti Berlangganan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan evaluasi mengapa pelanggan Anda berhenti berlangganan. Dengan mengetahui alasan mereka berhenti membeli, Anda dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk dan layanan.

2. Meminta Umpan Balik dari Pelanggan

Cara yang kedua, Anda harus meminta umpan balik dari pelangga secara periodik. Anda dapat melakukannya 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan sekali. Kirimkan mereka kuesioner yang meminta kritik dan saran untuk produk dan layanan perusahaan Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apa yang harus ditingkatkan, dan apa yang harus dihilangkan.

3. Membuat Kalender untuk Tetap Berkomunikasi dengan Pelanggan

Lakukan komunikasi secara rutin dengan pelanggan Anda. Pastikan mereka selalu mengingat brand bisnis Anda ketika mereka membutuhkan. Buatlah kalender, kapan saja Anda harus menghubungi mereka. Dengan komunikasi yang rutin, pelanggan akan selalu mengingat Anda.

4. Menggunakan Email Marketing

Email marketing, salah satu strategi pemasaran yang mudah tapi cukup efektif. Anda harus mulai membuat database email pelanggan Anda. Kemudian buat konten yang menarik dan informatif sehingga membuat pelanggan selalu ingat dengan brand bisnis Anda. Email marketing juga dapat digunakan untuk mengirimkan informasi promo. Anda dapat melakukan email marketing ini menggunakan software CRM.

5. Membuat Program Loyalitas Pelanggan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline