Lihat ke Halaman Asli

Arfiani Nur Sayidah

Mahasiswa Universitas Jember

KKN Kolaboratif 221 Desa Panduman: Potensi Destinasi Wisata Alam Gratis di Panduman

Diperbarui: 30 Juli 2022   18:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jember adalah salah satu kabupaten di selatan Provinsi Jawa Timur yang dikenal memiliki segudang destinasi wisata alam yang tersembunyi. Jelbuk merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Jember. 

Salah satu desa di Kecamatan Jelbuk yang memiliki surga dunia yang tersembunyi yaitu Desa Panduman. 

Di sana terdapat beberapa wisata alam yang elok nan indah namun tersembunyi. Wisata tersebut dapat menjadi alternatif melepas rasa penat dan menghilangkan rasa stres di tengah padatnya aktivitas sehari-hari lho.

Kalau Anda sudah berkunjung ke sana, pasti bakal gagal move on deh soal keseruannya. 

Jadi, di mana saja ya wisata yang patut Anda kunjungi di wilayah Desa Panduman ?

1. Air Terjun Panduman

Air terjun yang satu ini berlokasi di Dusun Sumbercandi, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember. Air Terjun Panduman memiliki air terjun yang indah dan menyejukkan. Dengan ketinggian yang dimiliki Air Terjun Panduman ini yaitu 25 meter.

Untuk dapat menuju ke lokasi Air Terjun Panduman, kalian dapat mengendarai sepeda motor ataupun kendaraan roda 4 lalu memarkirkan di rumah warga di Dusun Sumbercandi, eitssss tenang saja, biaya parkirnya 0 rupiah alias gratis loh.

Setelah memarkirkan kendaraan, masih perlu berjalan kaki terlebih dahulu sejauh 1,5 km. Jalan yang dilewati merupakan jalan setapak, 

sehingga agak kesulitan jika harus mengendarai kendaraan. Karena berada di lokasi yang cukup tersembunyi di mana medan yang dilalui pun harus melewati sawah - sawah, perkebunan kopi, dan naik turun bukit.

Sehingga membuat suasana di kawasan ini cenderung masih sangat alami. Meskipun medan yang dilalui tidak cukup sulit, namun harus bersiap energi dan juga membawa bekal minum ataupun makanan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline