Lihat ke Halaman Asli

Arfiani Yulianti Fiyul

Dosen Indonesia

Di Era Industri 5.0, Bagaimana Kompetensi Sosial dan Emosional Para Pendidik Lembaga Pendidikan?

Diperbarui: 14 Agustus 2023   08:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pixbay.com

Di Era Industri 5.0,  Bagaimana Kompetensi Sosial Dan Emosional Para Pendidik  Lembaga Pendidikan Dasar?

Oleh: Arfiani Yulianti Fiyul

Era Industri 5.0 ditandai dengan perkembangan teknologi digital, kecerdasan buatan, otomatisasi, dan konektivitas yang semakin mendalam.

Dalam konteks pendidikan, hal ini memiliki implikasi yang signifikan terhadap pendidik di lembaga pendidikan dasar.

Kompetensi sosial dan emosional menjadi semakin penting dalam menghadapi perubahan ini, karena kemampuan manusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia, mengelola emosi, dan membangun hubungan antarpribadi akan selalu relevan.

Sebaiknya, memperhatikan beberapa cara kompetensi sosial dan emosional pendidik menjadi penting di era Industri 5.0:

  1. Pembentukan Karakter dan Etika

Pendidik di era Industri 5.0 harus mampu membentuk karakter dan etika siswa yang kokoh. Mereka perlu mengajarkan nilai-nilai seperti etika digital, rasa hormat, integritas, dan tanggung jawab dalam menggunakan teknologi.

  1. Kemampuan Beradaptasi

Teknologi terus berkembang dengan cepat. Pendidik perlu memiliki kemampuan beradaptasi dengan perubahan teknologi dan mengintegrasikan alat-alat baru ke dalam proses pembelajaran.

Kemampuan ini juga memerlukan keterbukaan terhadap ide-ide baru dan perkembangan terbaru di dunia pendidikan.

  1. Kemampuan Kolaborasi

Di era Industri 5.0, kolaborasi menjadi lebih penting karena banyak pekerjaan dan masalah yang kompleks membutuhkan kerja tim.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline