Lihat ke Halaman Asli

Arfiani Yulianti Fiyul

Dosen Indonesia

Langkah-langkah Mengenali Akan Kebutuhan Konsumen

Diperbarui: 16 Mei 2023   18:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pixbay.com

Langkah-Langkah Mengenali Akan Kebutuhan Konsumen

Oleh : Arfiani Yulianti Fiyul

Sobat pemasar, di saat melihat suasana pasar, kadang hiruk pikuk langsung, kadang dari testimoni di media online dan kadang dari manapun jua pemasar harus lebih jeli dalam mengamati hal tersebut, yaitu mengamati kebutuhan konsumen.

Lalu adakah cara untuk mengenali akan kebutuhan konsumen itu agar para pemasar dapat mengambil peluang-peluang yang ada itu, jadi sobat pemasar  kali ini penulis akan menyampaikan bagaimana para pemasar itu untuk  mengenali akan kebutuhan konsumen.

Maka, untuk mengenali kebutuhan konsumen, ada beberapa langkah yang dapat sobat pemasar ikuti, apabila sobat pembaca adalah salah satu berprofesi pemasar atau penjual. Ok....

Pertama, Lakukan riset pasar

Melakukan riset yang komprehensif tentang pasar dan segmen target sobat.  Identifikasi siapa target konsumen sobat itu, demografinya, preferensi, kebiasaan pembelian, dan masalah atau kebutuhan yang di hadapi para konsumen itu. 

Ini dapat dilakukan melalui survei, wawancara, analisis data pasar, dan observasi langsung.

Kedua, Dengarkan konsumen secara aktif

Berkomunikasi dengan konsumen itu dengan saksama. Dengarkan apa yang konsumen katakan tentang produk atau layanan sobat sebagai pemasar, serta masalah atau kebutuhan yang ingin diselesaikan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline