Teori Palmer, Ada 5 Konsumen Yang Loyal
Oleh : Arfiani Yulianti Fiyul
Bulan puasa cenderung sekelompok orang banyak melakukan pembelanjaan yang kadang tidak dalam perencanaan.
Apakah sekelompok orang itu dikatakan orang yang loyal? Konsumen yang loyal?
Kebetulan di hari kelima puasa ini, penulis bersama mahasiswa membahas tentang konsumen yang loyal.
Menurut teori Palmer (1996), konsumen yang loyal dapat didefinisikan sebagai konsumen yang memiliki niat atau keinginan yang kuat untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa dari suatu merek atau perusahaan secara konsisten dalam jangka waktu yang lama.
Konsumen yang loyal cenderung lebih memilih untuk mempertahankan hubungan jangka panjang dengan merek atau perusahaan tertentu daripada beralih ke merek atau perusahaan lain.
Adapun Teori Palmer mengidentifikasi beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat loyalitas konsumen, antara lain:
Pertama, Kualitas produk atau jasa
Konsumen yang loyal cenderung lebih memilih produk atau jasa yang memiliki kualitas yang baik dan konsisten dari waktu ke waktu.